Sulitnya Mencari Programmer

Hallo Sobat, ini sekedar curhat dariku.

Ternyata merekrut programmer itu sulit ya? Meskipun sarjana lulusan IT itu melimpah ruah. Rupanya ada beberapa hal yang membuat proses rekrutmen ini menjadi sulit, yaitu:

1. Lulusan IT yang berminat menekuni dunia coding/programming sangat sedikit. Mungkin terlalu memusingkan ya?

2. Lokasi sangat menentukan minat mereka dalam melamar. Mungkin mereka lebih senang melamar ke perusahaan yang berlokasi di segitiga emas Jakarta. Mungkin mereka mengira kalau bekerja di segitiga emas selalu bergaji besar, padahal belum tentu loh! Banyak yang kami panggil untuk wawancara & psikotest, tapi karena mungkin lokasi di Tangerang, mereka memilih untuk tidak hadir.

3. Prasyarat lowongan pekerjaan terlalu tinggi? Bisa jadi iya, karena kami mensyaratkan minimal lulusan S1. Rupanya jenjang S1 menjadi kendala tersendiri karena banyak orang yg tidak lulus. Atau banyak juga yang mengambil jenjang D3 saja.

4. Test berjenjang. Kami memang cukup ketat dalam merekrut dan para pelamar harus melalui sejumlah test, dari wawancara awal, psikotest, test pemrograman, medical check up dan kemudian wawancara akhir. Sebenarnya kami telah berusaha untuk mempersingkat waktu yang diperlukan untuk proses ini menjadi hanya 2 hari. Tapi mungkin hal ini menjadi kendala bagi kebanyakan orang yang ingin hanya sehari saja menjalani proses rekrutmen. Terutama bagi mereka yang masih bekerja di tempat lain.

5. Iklan lowongan pekerjaan yang tidak menarik? Hahaha… ini seperti ketika kita melihat iklan di TV. Tentu kita malas melihat iklan yang buruk dan menyukai iklan yang bagus dan menarik. Iklan yang bagus dapat mendorong kita untuk membeli produk tsb. Demikian juga dengan iklan lowongan pekerjaan yang harus menarik juga. Mungkin perlu ada iming-iming menggiurkan? Bisa jadi bumerang, sih, hehehe…

Rupanya kita perlu melihat banyak sudut pandang untuk mensukseskan proses rekrutmen, dari target calon karyawan, dari dalam perusahaan sendiri, dari proses rekrutmen sampai ke pengiklanannya. Seringkali malah proses rekrutmen berhasil karena pembajakan SDM atau berdasarkan referensi dari orang terpercaya.

Bagaimana proses rekrutmen di perusahaan Anda?

~~~

Catatan: Ingin menjadi programmer handal? Jika iya, ada baiknya Anda bergabung bersama kami. Kunjungi iklannya di: SINI

Iklan

5 respons untuk ‘Sulitnya Mencari Programmer

  1. maaf… saya hanya mau minta tolong sama bung dewo. saya ingin terlepas dari notifikasi langganan blognya anda. karna terus terang semakin kesini saya semakin merasa terganggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.