Demo Buruh Melumpuhkan Perekonomian

Pagi ini dapat bbm yang memberitakan rencana demo buruh se-Tangerang. Demo ini merupakan rantai dari demo buruh di Bekasi yang telah terjadi beberapa hari sebelumnya. Secara gamblang dijabarkan bahwa demo ini akan melewati jalan tol Jakarta-Merak sehingga dapat melumpuhkan perekonomian seluruh Banten seperti yang telah terjadi saat buruh Bekasi memenuhi tol Jakarta-Cikampek.

Demo memang suatu tindakan yang baik dalam suasana demokrasi, tetapi jika sampai melumpuhkan perekonomian atau menjadi tindakan anarkis, tindakan ini menjadi tidak dapat dibenarkan.

Saya kok melihat tidak adanya titik temu antara APINDO dengan buruh ini. Rasanya kok ada komunikasi yang tidak nyambung antara APINDO dengan serikat buruh, karena dari kasus yang ada, sebenarnya APINDO ini mengajukan keberatan UMK/UMS untuk beberapa perusahaan kecil saja, bukan berlaku untuk seluruh perusahaan. Namun mengapa buruh ngotot UMK/UMS harus diberlakukan ke semua perusahaan?

Dan lagi, jika demo ini sampai melumpuhkan perekonomian, bukankah yang rugi itu masyarakat? Dan lagi kalau sampai perusahaan-perusahaan bangkrut dan tutup karena demo atau karena tidak kuat membayar upah buruh, bukankah yang rugi juga buruh (dan masyarakat)? Sungguh disayangkan karena lapangan pekerjaan sudah terbatas dan investasi asing menurun dan bahkan hengkang, tetapi situasi berusaha di Indonesia tidak kondusif. Hiks…

Ah semoga saja semuanya segera tuntas.

Iklan

7 respons untuk ‘Demo Buruh Melumpuhkan Perekonomian

  1. Ya …
    harapan saya juga hanya itu Mas …

    Semoga semua baik-baik saja … dicapai kesepakatan yang baik …
    walaupun tidak bisa memuaskan semua pihak 100% …
    tetapi paling tidak ada kompromi di sana sini …

    salam saya Mas Dewo

  2. Padahal katanya APINDO tak mau upah naik itu karena nanti usaha menengah bisa gulung tikar kalo UMK disamaratakan…. 😦
    Apakah buruhnya yang tak mau mengerti? ❓

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.