Telkomsel Flash Unlimited Menyebalkan

Hari ini saya sedang sebel sama Telkomsel Flash Unlimited. Sudah beberapa bulan saya berlangganan paket koneksi ini di Tablet PC saya. Mengapa saya sebel?

1) Untuk memperpanjang langganan Telkomsel Flash Unlimited melalui sms sangat tidak intuitif. Seandainya salah keyword, maka sms balasan cuma membalas kalau keyword yang kita masukkan salah tanpa memberikan solusi seharusnya keywordnya apa. Padahal saya tidak ingat persis keyword yang dibutuhkan. Dan kalau pulsa habis maka koneksi internet putus yang berarti tidak bisa mencari info keyword untuk perpanjang langganan. Sebel kan?

2) Lebih menyebalkan adalah layanan online-nya (http://m.telkomsel.com/mobi). Memang lebih mengasyikkan tampilannya yang lebih intuitif. Tapi ternyata info saldo & paket koneksi tidak realtime. Saat saya isi pulsa ternyata belum update posisi saldo terakhir. Demikian pula saat saya mengaktifkan paket unlimitednya. Tampilan berhasil ternyata saldo belum dikurangi dan paket koneksi belum aktif. Ironisnya perpanjangan lewat online ini lebih sering gagalnya.

3) Ini pengalaman terakhir yg menyebabkan daku super-sebel, yaitu ketika paket unlimited saya habis ternyata sisa pulsa saya dipakai untuk koneksi internet biasa (berdasarkan volume pemakaian) tanpa ada notifikasi apa pun. Saya kehilangan pulsa sekitar 40ribuan gara-gara ini. Ketika saya isi pulsa 100,000 ternyata dengan segera pulsa saya habis ludes dalam waktu kira-kira 2 hari karena terpakai koneksi internet dan karena saya selalu gagal registrasi ulang paket unlimited. Tahu sendiri kan kalau tablet+android itu koneksi internet yang tidak kita sadari mungkin sangat besar, terutama jika ada update aplikasi otomatis. Mestinya ketika paket unlimited habis, maka koneksi diputus saja seperti kalau kita habis masa langganan BlackBerry.

4) Lebih parah adalah karena tidak ada info detail mengenai hal ini. Saya coba menyampaikan keluhan ke email cs@telkomsel.co.id malah dibalas dengan email supaya saya registrasi ke 4444 yang ironisnya tidak bisa saya lakukan via tablet dengan paket Telkomsel Flash ini. Mentok-tok-tok. Hingga akhirnya saya telpon ke 08071811811 yang kemudian dijelaskan kalau pulsa saya terpakai untuk koneksi internet biasa yang bukan paket Flash Unlimited. Bayangkan pulsa saya hilang 100,000 lebih hanya dalam waktu 2 hari sejak pengisian. Benar-benar tidak menyenangkan.

Pada akhirnya saya ingin ganti provider koneksi internet yang sekiranya lebih menyenangkan. Sebelumnya saya pakai XL & Axis yang di sisi lain juga punya pengalaman yang tidak menyenangkan. Mungkin ada saran lain?

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Iseng, Personal, Telekomunikasi dan tag . Tandai permalink.

18 Balasan ke Telkomsel Flash Unlimited Menyebalkan

  1. Lidya berkata:

    aku juga pernah kehilangan 100rb mas, internetnya gak aktif2, jadi pindah deh ke provider lain

  2. Ni CampereniQue berkata:

    sudah coba THREE? sampai hari ini sih seneng2 aja pake 3 😀

  3. Juni Sagena berkata:

    Syalom… 🙂
    Gw jg prnah mengalami hal yg sama, bahkan pagi hari isi 100.000 besok sorenya ludes… 😡
    Hari ini pun sambungan sering diputus saat koneksi ke WordPress.
    Menyebalkan…
    Klo mau ganti Provider maka gw akan pilih Smart Friend 🙂

    JCbu.

  4. Ping balik: Sedang Jadi Fakir Bandwidth | ♫ Dewo ♪

  5. fyan berkata:

    Bagi info aja sob…kita gk bisa gitu aja salahin operator dlm hal ini (karena pengalaman sobat dengan operator lain pun sama) karna,yg bekerja dalam hal ini adalah ‘sistem’,bukan operator (manusia)…nah,sistem gk selama 100% bekerja dgn sempurna (karna memank gak ada yg sempurna),jadi sebaiknya ganti sim card nya dengan sim card yg baru dan ikuti petunjuk pemakaian dgn benar..kalo setahu saya » paket unlimited akan otomatis di perpanjang jika pulsa kita berada di ‘harga paket unlimitednya’,misalnya Rp.100rb,,,jika pulsa kita di bawah Rp.100rb artinya pulsa reguler akan terpotong (volume base) kalo kita pake online…cek manual tgl brapa kita aktifin paketnya mungkin bermanfaat,ato kalo kita lupa/ragu sebaiknya ketik UL spasi INFO krm ke 3636 sebelum kita pake online,ato kalo memang bener2 ragu,sebaiknya OFF kan dulu paketnya dan daftar lagi paket yg baru…..moga bermanfaat

  6. nada berkata:

    Aku baru aja beli perdana flash unlimited di mall di kotaku. di situ tertulis harga 60 ribu sdh termasuk pulsa preload 55 ribu. tapi sama vendornya dijual 75 ribu. aku tanya ya katanya emang dia harga jualnya segitu. oke lah aku males berdebat mungkin juga karena jualannya di mall jadi harga lebih mahal dari yang tertera. trus setelah nyampe rumah kartu perdana ku-aktivasi via hp n berhasil. dicoba di hp bisa konek sama internet meski lambat. tapi setelah masuk ke modem n kucolokin ke laptop setiap kali mau konek ke internet gagal terus!!! udah kucek settingannya sesuai di manual petunjuk kecil yang ada di kartu itu ya tetap aja gak bisa konek. terus apa harus nunggu1x24 jam baru bisa konek ya? baca-baca di internet tentang kartu flash unlimited dari telkomsel ternyata banyak yang mengeluh juga. jadi gimana donk ni. sebelumnya aku pake 3. 3 lumayan lah dulu si kenceng sinyalnya. cpat lagi. tapi gak tau kenapa sekarang suka keputus-putus ya? apa sinyal di daerahku dah mulai berkurang atau karena pengguna 3 yang semakin banyak jadi kahirnya putus-putus gitu. maksud hati si pingin nyari yg lebih bagus dari 3 eeeehhh..ternyata flash telkomsel tidak lebih baik ya? gimana dong solusinya?

  7. sakidaka berkata:

    sama dgn yang saya alami pagi ini, solusinya : telp 133 aktivasi langsung dari operator.

  8. marlies yulianti berkata:

    gak percaya lg deh sama janji2 operator telpon seluler bulshit semua yg rugi kita2 para konsumen yg hanya pasrah tanpa bisa berbuat apa2.

  9. Ane berkata:

    Ya,operator di Indonesia memang begitu, apalagi operator besar kayak Telkomsel, mungkin karena merasa walaupun koneksi internet jelek tapi pelanggan tetap nambah terus, jadinya mereka gak peduli keluhan pelanggan deh.

    Saya juga pake android, untuk menghindari pemakaian data yang tidak kita sadari yang akhirnya menguras pulsa, saya mematikan opsi update otomatis. Hanya beberapa saja yang saya update otomatis berkaitan dengan keamanan sistem seperti aplikasi client mail atau messenger. Sisanya sy pilih update secara manual atau update melalui wifi.

    Saya akhirnya pake Telkomsel untuk cadangan saja, banyaknya saya pake untuk komunikasi, satu-satunya alasan kenapa saya masih pake Telkomsel ya karena teman dan kerabat saya pake Telkomsel. Kalau sesama operator kan lebih mudah dan murah untuk saling menghubungi. Itu saja.

    Kalau untuk data, saya lebih milih pake 3, alasannya ya karena lebih ekonomis. Bukan promosi lho. Saya beli kartu perdana 3 always on, harganya cuma 8 ribu perak dengan pulsa seribu dan masa aktif setahun. Terus saya isi kuota ++ reguler, pulsa 5ribu udah dapet 100 MB, 35ribu 700 MB atau bisa pilih yg lebih gede sesuai kebutuhan. Saya isi juga tuh kuota kenyang download yg bisa dipake mulai tengah malem sampe jam 6 pagi, 10ribu udah dapet 1,5 GB tuh, kan lumayan tuh kalau pas bangun shubuh bisa download. Saya update aplikasi biasanya shubuh-shubuh. Asyiknya masa aktif kuota ++ ngikutin masa aktif Always On, jadinya kalau masa aktifnya setahun ya masa kuota ++ juga jadi setahun. Kartu perdana 3 Always juga udah ada yg dibundling dataYa,operator di Indonesia memang begitu, apalagi operator besar kayak Telkomsel, mungkin karena merasa walaupun koneksi internet jelek tapi pelanggan tetap nambah terus, jadinya mereka gak peduli keluhan pelanggan deh.

    Saya juga pake android, untuk menghindari pemakaian data yang tidak kita sadari yang akhirnya menguras pulsa, saya mematikan opsi update otomatis. Hanya beberapa saja yang saya update otomatis berkaitan dengan keamanan sistem seperti aplikasi client mail atau messenger. Sisanya sy pilih update secara manual atau update melalui wifi.

    Saya akhirnya pake Telkomsel untuk cadangan saja, banyaknya saya pake untuk komunikasi, satu-satunya alasan kenapa saya masih pake Telkomsel ya karena teman dan kerabat saya pake Telkomsel. Kalau sesama operator kan lebih mudah dan murah untuk saling menghubungi. Itu saja.

    Kalau untuk data, saya lebih milih pake 3, alasannya ya karena lebih ekonomis. Bukan promosi lho. Saya beli kartu perdana 3 Always On harganya cuma 8ribu perak dengan pulsa 1000 dan masa aktif setahun. Terus saya isi kuota ++ reguler deh, 5ribu udah dapet 100MB, 35ribu 700 MB, atau bisa pilih yg lebih gede lagi. Saya isi juga kuota kenyang download yang bisa dipake mulai tengah malam sampe jam 6 pagi, 10ribu dapet 1,5 GB, lumayan buat update atau cari aplikasi pas bangun shubuh. Asyiknya, karena masa aktif kuota ++ ngikutin Always On, jadinya kalau masa aktif Always On-nya setahun, masa aktif data kuota ++ juga jadi setahun. Tapi kalau koneksi internetnya sih biasa aja, gak istimewa.

    Kartu perdana 3 Always on juga ada yg dibundling ama data 2 GB, harganya 75 ribu. Tapi kalau saran saya sih kalau untuk nyoba mending kartu perdana Always On yang kosong aja, terus isi data yg 100 MB (Rp 5ribu). Dan pastiin yang dibeli kartu perdana Always On karena kartu perdana 3 ada macem-macem. Nah kalau cocok bisa diterusin, kalau gak ya tinggalin deh.

    @fyan, operator memang manusia kok, siapa bilang robot, hehehe. Tapi kan operator yang membuat sistem, nah sudah sewajarnya operator membuat sistem yang laik dipakai dan manusiawi, bukan sistem yang sering error dan menguras pulsa kalau paket habis. Ini berlaku buat semua operator lho, bukan hanya Telkomsel. Kalau diniatkan dan mau mendengarkan pelanggan, pasti bisa kok.

    @Nada, iya koneksi 3 suka keputus-putus kalau hujan, aku sih ngakalinnya dengan ganti APN. Katanya sih lancar enggaknya koneksi 3 tergantung tempatnya juga.

  10. boyd berkata:

    pengalamanku jauuuh lebihhhh menyeballlkan dari pengalaman anda!!

  11. agus s berkata:

    sama telkomsel sekarang gak bagus buka facebookyy y aja looding nya lama banget apalagi buka yang lainya bisa ketiduran kita

  12. Agus Wir berkata:

    Telkomsel menyebalkan, tahun 2003 pernah kehilangan pulsa dua kali, pertama hilang 120 ribu eh ternyata hilang lagi 15 ribu. Maling pulsa!!

  13. Citra Kirana berkata:

    sotooooy semua….gw pake telkomsel, cepet kok…

  14. balata,0967* berkata:

    jadi, mari kita boikot !!

Tinggalkan Balasan

