e-Toll Card

Prihatin deh kalau sering kena macet di pintu gerbang toll. Seperti tadi sore saat pulang, papan petunjuk menampilkan kalau pintu gerbang toll padat sampai 2 km. Untungnya belum banyak yang pakai e-Toll card, jadi gerbang e-toll card lengang & daku pun bisa nyelonong masuk ke gerbang khusus tersebut. Tapi ada beberapa pertanyaan yang belum sempat kutemukan jawabannya, yaitu:

1. Dimana kita bisa mengetahui saldo akhir kartu ini? Kayaknya tidak ada display saat menempelkan kartu ini di mesin e-toll card. Asmen sih bilang kalau kita bisa ngecek di Indomaret sekalian mengisinya di sana. Weks, di sekitar apartemen adanya Alfamaret, hiks…

2. Ketika kita masuk gerbang e-toll card yang berpalang itu, kemudian menempelkan kartu kita di mesin tapi ternyata saldonya kurang bagaimana? Maju tidak bisa karena terhalang palang, sedangkan mundur juga tidak bisa karena tentu ada antrian di belakang kita. Dan di gerbang khusus ini tidak ada petugas sama sekali. Wah, bakal bikin kemacetan juga nih, hehehe…

3. Ternyata ada kalanya mesin e-toll card tersebut tidak bisa mengeluarkan bukti pembayaran. Memang sih sebagian besar dari kita tidak membutuhkan bukti pembayaran ini, tetapi bagi karyawan tugas luar atau sopir yang dibiayai kantor tentu memerlukan kertas tersebut untuk reimbursement/klaim. Pengalamanku sih baru menikmati beberapa kali saja kertas bukti ini keluar dari mesin. Selanjutnya jarang. Kecuali saat lewat gardu biasa tapi menggunakan kartu, dan kemudian petugas memberikan kertasnya.

4. Apakah bisa kita meminta bukti penggunaan kartu ini? Misalnya setiap bulan kita mencetak penggunaannya, meliputi tanggal-jam, jalur tol & gardu mana, biaya, dll. Kan lumayan tuh bisa untuk reimbursement.

5. Ngisinya bisa lewat e-banking gak ya? Kata Asmen sih bisa via ATM Mandiri. Hiks sayangnya kartu Mandiriku error. Padahal bakal lebih asyik jika bisa didukung oleh bank lain via jaringan ATM Bersama atau Prima.

6. Ngisinya bisa lewat debet pulsa nggak ya? Kan asyik tuh jika penyelenggara e-toll card bekerja sama dengan operator selular untuk fitur pengisian saldo kartu ini. Asyik loh jika bisa, terutama saat di kondisi terjepit seperti poin 2 di atas, hehehe…

Sobat-sobat ada catatan tambahan tentang penggunaan e-Toll Card? Daku sih membelinya pas ditawarin petugas toll saat macet di gardu tapi gardu khusus e-toll card lengang. Langsung saja daku membelinya dan menikmati gardu khusus nan lengang itu, xixixi…

image

Iklan

7 respons untuk ‘e-Toll Card

  1. Ingat kartu ini …
    maka yang saya ingat adalah …
    Harga 50 ribu … tetapi yang bisa kita gunakan hanya 40 ribu.
    10 ribu harus diendapkan

    salam saya

  2. kalau di Jepang ETC namanya, postpaid, langsung debet dr rekening bank. Dan bisa print out pamakaian dari internet sesuai dengan nomornya. Untuk jam-jam tertentu ada diskon.
    Sistem eToll itu mirip dengan sistem Suica/Pasmo untuk naik kereta. Tapi setiap pemakaian dan sisa uangnya langsung tertera di pintu karcis masuk di setiap stasiun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.