Spekulasi Liar Tragedi Sukhoi

Turut berduka cita bagi keluarga korban Sukhoi. Sungguh ini tragedi yang memilukan. Di sisi lain, banyak spekulasi yang beredar seputar tragedi Sukhoi ini. Bagiku, spekulasi-spekulasi liar ini merupakan tragedi tersendiri. Karena banyak sekali spekulasi yang tidak mendasar yang beredar secara gampangnya. Dari hape nyala yg katanya mengakibatkan turbin mati, atau teori konspirasi dikendalikannya sistem navigasi secara remote oleh Amerika, dan masih banyak lagi spekulasi.

Daku menyebutnya tragedi karena betapa mudahnya spekulasi-spekulasi ini disebarkan tanpa dicek kebenarannya. Atau mungkin karena semakin berkembangnya kemudahan penyebaran informasi ini sehingga orang dengan mudah meneruskan informasi ini tanpa perlu mengeceknya terlebih dahulu? Menurutku, ini sama saja melempar sampah ke orang lain.

Ironisnya banyak orang awam yang mempercayainya begitu saja. Semakin bagus spekulasi disajikan, semakin mudah orang mempercayainya. Ditambah balutan bahasa teknis yang jarang terdengar membuat orang mudah terpukau dan menjadi percaya.

Sekedar saran dariku, biarlah spekulasi itu ada, tapi jangan mudah percaya. Karena tanpa data dan fakta, cerita liar itu tetap hanya spekulasi, belum terbukti kebenarannya. Lebih baik kita menunggu berita resmi sambil terus membantu jika mampu. Biarlah tim ahli bekerja. Kita tunggu hasil penyelidikan saja. Serahkan saja pada ahlinya. Untuk sementara lupakan teori konspirasi dulu. Jangan turut memperkeruh duka ini.

Setuju?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Bencana, Dewo, Hoax, Ironi, Opini dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Spekulasi Liar Tragedi Sukhoi

  1. Imelda berkata:

    setuju banget!

  2. Pulau Tidung-aja berkata:

    Spekulasi- spekulasi liar memang, sungguh tak tau diri.

    Turut berduka cita.

  3. Lidya berkata:

    tidak panjang lebar deh, turut berduka cita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s