Seringkali kita temui bahasa marketing yang bombastis. Seperti contohnya foto iklan di bawah ini yang saya potret dari sebuah surat kabar lokal. Iklan ini menuliskan “Tablet Mini Sejuta Fungsi.” Daku yakin kalau tulisan ini belum tentu benar. Benarkah tablet tersebut sudah memiliki sejuta fungsi? Ataukah harus diinstal aplikasi dulu? Rasanya kok tidak mungkin ya? Menginstall 1,000 aplikasi saja sudah pasti bikin tablet-nya keok.
Sayangnya seringkali kita memaklumkannya atau mengabaikannya begitu saja. Beberapa orang marketer/sales yang pernah berdiskusi denganku hanya ngeles dan berkata, “Ah itu kan hanya bahasa marketing.” Tapi jelas contoh kasus seperti ini bisa dikategorikan sebagai bentuk penipuan.
Di dunia lain, klaim-klaim di iklan seperti ini bisa jadi bumerang. Contohnya Apple yang dianggap menipu dengan iklan New iPad-nya di Australia karena dianggap menyesatkan. Dalam kasus tersebut Apple bersedia membayar penalti 2,25 juta dolar Australia plus biaya pengadilan 300 ribu dolar Australia.
Sudah saatnya berhati-hati dalam “berbahasa marketing” karena sekarang konsumen sudah pintar dan tidak mudah dibohongin.
namanya jualan pals, ya sudah pasti dilebih-lebihkan supaya cepat laku…
bener-bener harus hati-hati jangan asal menelan bulat2 bahasa iklan
Itu bukan bahasa Marketing Mas Dewo …
Itu bahasa pembual … (dan yang namanya pembual itu bisa siapa saja …)
Bahasa Marketing (yang bener) tidak seperti itu …
hehehe
salam saya
Ini bukan bahasa Marketing Mas Dewo …
Ini bahasa pembual …
(dan yang namanya pembual itu bisa profesi apa saja …)
hehehe
Bahasa Marketing (yang bener) tidak seperti ini
Salam saya
Sayangnya banyak marketer yang membual ya, Ompakmas? Hiks…
Salam
fungsi 1) mengetikan huruf a
fungsi 2) mengetikan huruf b
…
fungsu 1.000.000) untuk mengetikan abc…z, abcd …, … dsttttttt
LOL
Wakakaka… Bener-bener pembuletan nih…
Salam
Ya, namanya juga orang jualan, yang penting jangan mau di goblokin-goblokin.
bahasa marketing = lebay