Wasit Dengan Kacamata Google

Kemarin malam daku nonton sepak bola ISL antara Persiba vs Arema Indonesia. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Arema Indonesia dengan skor akhir 3:1. Kalau kemudian daku menuliskan pertandingan ini, itu karena daku rada gregetan dengan beberapa kejadian di luar penglihatan wasit. Ada beberapa pelanggaran yang terjadi seperti kekerasan di kotak penalti, handsball, dll, yang mestinya bisa dikeluarkannya kartu kuning & pinalti.

Sayang semuanya tidak sesuai kenyataan. Walau pun replay dari rekaman TV menunjukkan fakta pelanggaran, namun karena wasit tidak melihatnya, maka keputusan pun jadi salah. Tidak dipungkiri, wasitlah yang paling menentukan keputusan dalam pertandingan tersebut. Dan tidak bisa diganggu gugat. Sialnya, keputusan-keputusan ini kadang salah, dan seringkali membuat kesebelasan menjadi down mental bertandingnya. Semuanya hanya gara-gara wasit tidak melihat, atau karena tertutup, atau sering disebut sebagai blind spot/area.

Lalu ketika daku membaca Project Glass dari Google, mungkin kacamata dari Google ini bisa jadi solusi dari itu semua. Wasit dalam pertandingan bisa diperlengkapi dengan kaca mata ini. Sehingga selain dapat melihat jalannya pertandingan dari kamera TV yang tersebar dengan detail, pemirsa juga bisa juga turut melihat apa yang dilihat oleh wasit. Jadi nantinya stasiun TV juga merekam & menayangkan apa yang dilihat wasit secara live. Kita bisa melihat bagaimana dan apa yang dilihat oleh wasit. Jadi kalau ada kejadian yang tidak terlihat oleh mata wasit, mungkin kita bisa lebih memahami keputusan wasit yang bisa saja sebenarnya salah. Dan bisa jadi bahan evaluasi dan pembelajaran bagi wasit, bahwa dia harus menempatkan diri di posisi yang strategis.

Melihat fitur dari kacamata ini, selain bisa merekam apa yg dilihatnya, para wasit bisa saling berkoordinasi via messagingnya, atau berbagi lihat apa yang dilihat salah satu wasit. Bisa juga komunikasi wasit dengan pengawat pertandingan.

Ehm, ini cuma salah satu contoh aplikasi dari kacamata Google ini. Daku yakin aplikasinya di masa mendatang jauh lebih banyak lagi. Dan sungguh, project ini benar-benar keren. Rasanya tidak sabar menunggu launching resmi kacamata Google ini sehingga bisa tersedia secara luas dan bisa menikmatinya dalam membantu kehidupan & pekerjaan.

Ikuti project glass di Google Plus: Project Glass.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Gadget, Ide, Opini, Personal dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Wasit Dengan Kacamata Google

  1. Lidya berkata:

    bakal dijual bebasya mas?

  2. jarwadi berkata:

    wah keren sekali ide pembuatan projection glass. kalau saya malah bisa aku pasang di kucing untuk memata matai dapur dan rumah tetangga =))

  3. las artes berkata:

    Saat itu Chelsea mengeluh kepemimpinan wasit asal Norwegia, Tom Ovrebo, yang dianggap berpihak pada Barca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s