Menjaga Kesehatan

Kalau kita sakit, barulah kita merasa bahwa kesehatan itu sangat penting dan mahal. Dan kita menyadari bahwa saat kita sakit produktivitas kita menurun, bahkan malah tidak produktif sama sekali. Benar sekali nasehat bijak: menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati. Nampaknya memang kita harus selalu berusaha menjaga kesehatan kita. Mungkin dengan olah raga, minum supplemen, menjaga pola hidup sehat & bersih, dll.

Sangat disayangkan jika banyak orang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan, misalnya dengan mengikuti pola hidup tidak sehat, tidak pernah olah raga, merokok, dll. Ehm, daku termasuk yang jarang olah raga, hiks…

Yang paling disayangkan adalah karena daku masih sering melihat orang merokok, apalagi di sembarang tempat seolah tidak peduli pada orang di sekitarnya. Tidak hanya di daerah, tapi di Jakarta pun masih sering daku lihat. Lihat saja di Bandara Soekarno-Hatta yang masih sering terlihat orang merokok sembarangan. Padahal sudah digalakkan anti merokok di sembarang tempat. Kalau pun mau merokok sudah disediakan area khusus merokok.

Di Bandara PKU kemarin daku sempat melihat seorang pria yang menggendong bayi dengan selendang kemudian menyalakan rokoknya di tengah keramaian. Daku lihat bayinya cuma melongo melihat rokok yang menyala di bibir pria tersebut. Kasihan sekali, masih bayi sudah terpapar asap rokok. Sebenarnya daku mau menegur, tapi melihat tampang si pria kayak preman dan cuek-bebek, daku pun mengurungkan niat utk menegur.

Pernah juga membaca berita di koran seorang ibu meninggal karena kanker paru-paru. Setelah diselidiki, ternyata suaminya perokok berat, sedangkan si ibu tidak. Kasihan Si Ibu dan anak-anaknya. Konon kanker paru-paru penyebab utamanya adalah karena rokok.

Bagi para perokok, kalau mau sakit, sakitlah sendiri saja. Tidak perlu mengajak orang lain ikut sakit karena menghisap asapmu. Karena merokok di sembarang tempat sama saja memaksa orang lain jadi perokok pasif. Kalau pun ngotot mau merokok dan kemudian sakit, maka merokoklah yang sopan.

~~~

Tulisanku yang lain tentang merokok: Klik Sini

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Curhat, Dewo, Kesehatan, Konyol, Personal dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menjaga Kesehatan

  1. Lidya berkata:

    paling sebel kalo merokok gak lihat2 ada anak kecil disekitarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s