Membuat Tutorial Video dgn Kazam

Dulu pernah bikin video tutorial sistem dengan camtasia. Dulu itu termasuk ironi, soalnya sistem dibuat dengan linux tapi tutorial videonya dibuat pakai MS Windows plus Camtasia. Maklum, jaman dulu linux belum seintuitif dan se-user friendly jaman sekarang, terutama untuk pengolahan video.

Syukurlah sekarang sudah lebih lengkap & powerfull software-software di Linux. Dan yang lebih mengasyikkan adalah karena lisensinya yang GNU/GPL atau turunannya. Menjadikannya bisa diinstal & digunakan dengan bebas (boleh dibaca gratis). Beberapa waktu yang lalu sempat mencoba Xvidcap yang user interface-nya sederhana sekali. Namun walau pun sederhana, tapi hasilnya bener-bener baik. Hanya saja, sayangnya tidak mengenali audio input di notebookku. Jadi mesti di-dubbing. Hiks…

Nah, ketika tadi pagi daku re-install Ubuntu ke versi 12.04 LTS, ternyata Xvidcap sudah dihapus dari repository. Daku tidak bisa install dari Software Center mau pun apt-get. Mesti download dari website resminya (yang ternyata sudah tidak aktif beberapa tahun) untuk kemudian install manual. Ehm, aneh ya? Mengapa utility penting ini dihapus dari Ubuntu 12.04?

Setelah menyelidiki daftar software di Software Center, ternyata ada alternatif lain untuk screen capture format video, yaitu Kazam Screencaster. Ternyata memang lebih bagus fiturnya dari pada Xvidcap. Dan sudah mendukung hardware modern. Pantas saja Xvidcap dihapus.

Cara pakainya sederhana kok. Kayaknya tidak perlu buku panduan untuk mengoperasikannya. Tinggal tentukan area capture dan tekan tombol record atau dengan shortcut keyboard. Kemudian lakukan apa pun pada komputer dan semuanya terekam oleh Kazam. Piranti audio input bisa dikenali dengan baik. Tidak perlu oprek settingnya. Jadi sambil mengoperasikan bisa langsung rekam suara kita. Asyik deh.

Tinggal bikin skenario dan bikin video tutorial. Ehm, mestinya yang menyuarakan suaranya bagus dan bening. Cocoknya cewek ya? Dulu pernah sampai menyewa penyiar radio untuk membacakan tutorial atau narasinya.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Linux, Open Source, Personal, Sistem Operasi, Skenario dan tag , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Membuat Tutorial Video dgn Kazam

  1. nadiaananda berkata:

    hehehehe… mudah-mudahan ane pertamax!! Wahh ,, kalah cepet dah.. Hihihi..

  2. jarwadi berkata:

    wak Kazam layak dicoba nih, saya belum pernah nyoba, padahal pengin buat tutorial gimps di ubuntu 😀

  3. giewahyudi berkata:

    Sebagai pengguna non-Linux saya ga tau Kazam ini. Tapi kalau diminta ngisi suaranya boleh deh.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s