Terima Bongkar (Tidak Terima Pasang?)

Kali ini daku membuka sebuah Mini PC. Sejatinya Mini PC ini digunakan untuk mesin antrian. Tapi daku request 1 untuk pengembangan software komunikasi ke LIS dari vendor luar.

Daku mengalami kesulitan saat akan booting dari flashdisk. Sudah oprek BIOS tapi Mini PC tidak bisa membaca bootloader Ubuntu 12.04 di USB. Akhirnya daku berencana mengambil harddisk-nya untuk dipasang di nobie (*baca: notebook*) untuk kemudian diinstal Ubuntu 12.04.

Untungnya Mini PC ini tidak memerlukan obeng untuk membuka casing-nya. Bahkan mengambil harddisk sama sekali tidak memerlukan obeng. Bautnya punya kepala besar yang bisa diputar hanya dengan tangan. Praktis dan keren.

Lain halnya ketika mau membongkar Nobie-ku. Ternyata obeng plus yang tersedia kebesaran. Ketika pinjam pun malah kekecilan. Maklum, yang dipinjam cuma punya obeng kaca mata. Dan baut di nobie keras sekali. Entah terlalu kencang atau karena sudah termakan usia? Ehm, ternyata nobie-ku sudah berumur 4 tahun lebih. Waktunya ganti nih? Hehehe…

Alhasil rencana pasang harddisk Mini PC ke Nobie dibatalkan. Dan daku pun kembali menekuni ngoprek BIOS. Sampai kemudian kutemukan solusinya, yaitu mengemulasi USB sebagai harddisk. Fitur ini agak tersembunyi di BIOS, ada di sub-menu. Dan daku jarang menemui setting seperti ini. Karena biasanya tinggal meng-enable boot order di BIOS supaya bisa booting dari USB.

Syukurlah masalah terselesaikan dengan baik. Bonus bongkar-pasang Mini PC. Asyik juga bisa lihat dalemannya. Hehehe…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Dewo, Foto, Gadget, Personal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s