Belajar Computer Cluster

Salah satu tantangan terbesar di dunia IT adalah untuk mempertahankan layanan server berjalan dengan baik & tetap pada performanya. Ini sulit sekali, karena dari hari ke hari data yang tersimpan semakin besar dan proses pengolahannya semakin membutuhkan prosesor dengan tenaga yang besar. Padahal data semakin meningkat dan cenderung exponensial, terutama karena semakin meningkatnya transaksi akibat kemajuan bisnis.

Mengandalkan server yang itu-itu saja tentu tidak cukup. Ibaratnya kita hanya punya 1 bis TransJakarta tetapi harus mengantarkan penumpang yang kian hari kian meningkat. Tentu kita perlu tambahan bis.

Tetapi di dunia IT tidak semudah sekedar menambah server. Karena perlu konfigurasi tertentu sehingga mereka bisa bekerja sama dengan baik. Banyak sih alternatifnya, dari sekedar load balancing, sampai ke yang lebih kompleks seperti clustering, grid, cloud, dll.

Nampaknya kami membutuhkan solusi clustering, karena diharapkan solusi ini tidak sekedar 1-2 tahun ke depan, tetapi diharapkan bisa 5-10 tahun ke depan. Soalnya clustering ini bisa lebih fleksibel dalam hal skalabilitas. Perlu belajar banyak nih. Sekarang daku sedang mengumpulkan banyak bacaan tentang clustering ini. Sebagai awal mungkin belajar dari Mbak Wiki: Computer Cluster baru merambah ke sumber lain. Ada yang bisa memberi kursus gak ya?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Jaringan, Opini, Personal, Teknologi dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Belajar Computer Cluster

  1. marsudiyanto berkata:

    Ternyata nggak cuma pemukiman saya yang pakai format cluster.
    Komputer juga begitu.

  2. Ping balik: Mulai Belajar Cluster MySQL | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s