Software Aplikasi Yang Mudah Digunakan & Dipahami

Salah satu tantangan terbesar dalam membuat software aplikasi adalah mendesain user interface-nya sehingga aplikasi mudah digunakan. Jika memungkinkan malah bisa dipahami & digunakan oleh user saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu panduan atau training. Sangat ideal!

Tentu saja hal ini tidak mudah, terutama jika aplikasinya memang berkenaan dengan sesuatu yang ribet bin kompleks. Oleh karena itu selain mengemukakan desain antarmuka yang mudah, kebanyakan developer menyediakan panduan atau fitur help yang mudah & cepat dijangkau oleh penggunanya. Sehingga saat pengguna mengalami kesulitan, maka user bisa langsung mencari di panduan atau fasilitas help. Atau dengan membaca FAQ (frequently answer-question). Lebih baik jika ada helpdesk atau divisi IT untuk membantu user.

Tantangan terbesar yang sering kami hadapi adalah ketika berhadapan dengan user yang tidak terbiasa dengan komputer. Atau kalau pun sudah menggunakan komputer, mereka hanya menggunakan seperlunya saja sesuai dengan pekerjaannya tanpa memperhatikan yang lain. Intinya adalah interaksi minimum dengan komputer. Itu sudah cukup. Dan akhirnya terjebak dalam comfort zone. Ketika aplikasi di-update/upgrade, maka user akan kesulitan beradaptasi dan memahami perubahan.

Apa yang kami lakukan adalah selalu memberikan sosialisasi dan training untuk penggunaan aplikasi yang baru, atau aplikasi yang telah di-update atau upgrade dengan fitur-fitur baru. Ini sangat penting sesuai kondisi sekarang.

Paling senang adalah jika bertemu dengan user yang masih muda dan terbiasa dengan komputer. Mengajarkan mereka jauh lebih mudah, karena mereka mudah memahami & beradaptasi dengan program baru.

Lagi-lagi ini adalah curhat dalam dunia IT yang kami sering alami.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s