Daftar Kebutuhan Raspberry Pi

Komputer mini nan sexy (karena tidak pake baju) dan murah berjejuluk Raspberry Pi itu tidak bisa langsung digunakan setelah Anda membelinya. Dia butuh beberapa komponen pelengkap. Mari kita simak apa saja yang dibutuhkannya.

1. SD Card

Ini dibutuhkan untuk menyimpan OS-nya. Minimal kapasitasnya 4 GB. Tentu saja lebih besar lebih baik. Soalnya file image OS yang direkomendasikan besarnya sudah 2GB. Kita perlu space extra untuk menyimpan file-file lain.

2. OS (Operating System)

Cara memasang OS di Raspberry Pi rada unik karena membutuhkan PC lain untuk menyalin image ke SD Card. Raspberrypi.org menyarankan beberapa OS, yaitu Raspbian Wheezy, Arch Linux ARM, dan QtonPi. Untunglah ada beberapa utility yang bisa digunakan untuk menyalin image OS tersebut ke SD Card baik dari Windows mau pun Linux.

Di luar sana beberapa hacker sudah berhasil memasang Android ke Raspberry Pi. Dan sekarang sudah bermunculan beberapa distro yang bisa berjalan di prosesor ARM yang berarti bisa diinstall ke Raspberry Pi, termasuk Fedora dan Ubuntu. Oh iya, kalau Anda ingin menjadikan Raspberry Pi menjadi media center, silakan install XBMC (xbmc.org). Ke depannya pasti akan lebih beragam lagi OS dan penggunaan Raspberry Pi.

3. Mouse & Keyboard USB

Ini kebutuhan standard PC. Alangkah lebih baik jika membeli keyboard yang ada USB Hub-nya. Karena slot USB Raspberry Pi cuma disediakan 2. Kalau mau nambah harus pakai USB Hub. Jadi supaya tidak ribet, mending beli keyboard yg sudah ada USB hub-nya.

4. TV/Monitor

Kita bisa memakai TV dengan colokan composite seperti TV lama atau TV/Monitor dengan colokan DVI atau HDMI yang sekarang sudah jamak dipakai TV LCD LED. Terserah mau pakai mana karena Raspberry Pi menyediakan 2 port output dalam format RCA dan HDMI. Kalau pakai TV LCD LED dengan HDMI kita bisa menghemat kabel audio karena Raspberry Pi bisa menyalurkan keluaran audio-nya via kabel HDMI. Jadi suaranya langsung ke TV.

5. Kabel RCA atau HDMI/DVI

Kabel menyesuaikan TV atau monitor yang akan kita pakai. Kalau mau memanfaatkan TV komposit/analog lama, maka kita bisa beli kabel RCA. Tapi kalau sudah punya TV digital dengan HDMI/DVI, kita bisa beli kabel HDMI atau DVI-HDMI. Ada juga monitor LED yang mendukung DVI/HDMI. Silakan menyesuaikan.

6. Power Supply

Raspberry Pi menggunakan power supply dengan colokan mini USB. Bisa nebeng charger ponsel atau BB. Yang jelas power supply harus bisa memasok arus minimal 700mA dan tegangan 5V. Oh iya, di situsnya disebutkan kalau jangan menghubungkan colokan power Raspberry Pi ke PC atau USB Hub.

7. Kabel Audio (optional)

Ini opsional saja kalau kebetulan TV yang dipakai belum mendukung audio via HDMI. Atau jika Anda ingin menghubungkan Raspberry Pi ke sound system external yang lebih mumpuni.

8. Kabel Ethernet (optional)

Kalau ada jaringan ethernet, kita bisa menghubungkan Raspberry Pi ke LAN tersebut. Sayangnya Raspberry Pi baru 100 Mbps belum Gigabit. Tapi segitu sudah cukup lah.

~~~

Itu saja kebutuhan minimal untuk bisa memulai menggunakan Raspberry Pi. Melihat daftar ini, nampaknya daku perlu membeli:

1. SD Card atau Mini SD dengan adapter minimal 4 GB. Kayaknya kemarin lihat ada mini SD 8GB dengan harga di bawah 100ribu.
2. Keyboard USB
3. Kabel HDMI

Hiks, padahal sudah penasaran pengen mencobanya…

~~~

Bacaan Terkait:

~ Unboxing Raspberry Pi
~ Quick start guide (RaspberryPi.org)
~ Download (RaspberryPi.org)

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Opini, Personal, Raspberry Pi, Teknologi dan tag . Tandai permalink.

18 Balasan ke Daftar Kebutuhan Raspberry Pi

  1. conanholmes berkata:

    permisi..
    mas boleh kopas artikelnya gak..
    tertarik nih.. (lg indenjuga nih hehe)

  2. Pakde Cholik berkata:

    1.Lha gambar Raspberry Pi mana ? Apa kayak BB gitu mas?
    2. Harganya berapa mas ?
    3. Terima kasioh infonya

    Salam hangat dari Surabaya

  3. Hallo Pakde.

    1. Gambarnya ada kok. Itu yg paling atas. Beda dengan BB, Pakde.
    2. Harga resminya US$ 35.
    3. Sama-sama Pakde.

    Salam hangat

  4. Ping balik: Raspberry Pi dengan Wi-Fi USB (Part 1) | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  5. mercadee berkata:

    Sudah lama tidak update blog ini karena penulis sedang Prektek Lapangan Kependidikan yang merupakan salah satu mata kuliah. Baiklah langsung saja ke topik kalau biasanya Anda ingin mengirim email mesti buka terlebih dahulu halaman emailnya misalnya Gmail, Yahoo, Hotmail dan sebagainya kemudian login dan buat email baru. Cara tersebut mungkin butuh waktu ya? Nah bagaimana caranya kalau ingin mengirim email dengan cepat dan terlihat keren . Cara yang akan digunakan ini saya mengggunakan Ubuntu dan akun email Gmail tapi Anda bisa menggunakan Email lain asalkan Anda harus tahu alamat SMTP Server berserta akun buat login-nya. Langsung saja kita mulai!

  6. jerry berkata:

    Mas, kalau mau beli dimana ya? Kira-kira sudah ada yang jual belum ya di Jakarta? Terima kasih lho mas.

  7. cumakatakata berkata:

    kecil banget ukurannya mas…

  8. Aris Febrianto berkata:

    Permisi mas..
    untuk SD card bisa menggunakan SD card untuk kamera digital gak? apa harus ada SD Card khusus untuk Raspberry Pi ini?

  9. Agus Salim berkata:

    Reblogged this on Zzopp and commented:
    Daftar kebutuhan rasberry Pi 🙂

  10. adhi berkata:

    susah banget ye mas download os nya…. file besar lagi….. ada tips-nya mas?… tqb4

  11. adhi berkata:

    kalo punya os-lengkape…. boleh dunk cak copy-ane, adalah dana ijab-kabule he…he…. tqb4

  12. admar berkata:

    Mas kalo beli di jakarta dimana ya ?

  13. Ping balik: Apa saja yang diperlukan untuk raspberry pi? | elmoony

  14. kalma16 berkata:

    Raspberry Pi ini juga port usbnya support utk koneksi wifi ke akses point, dengan bantuan EW-7811un merek edimax bisa menyulap TV tabung jadi smart TV. Baca referensinya di sini mas http://www.savagehomeautomation.com/projects/raspberry-pi-installing-the-edimax-ew-7811un-usb-wifi-adapte.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s