Rencana Membuat Cluster

Dalam waktu dekat ini kami ingin membuat cluster. Untuk menekan tingginya biaya, kami berencana membuat cluster dengan 4 PC. Bukan dengan komputer server beneran, karena server mahalnya minta ampun. Bayangkan saja, 1 server dengan prosesor Xeon saja bisa di atas Rp 15juta.

Tentu saja dipilih PC dengan spesifikasi tinggi. Kami menentukan spek PC dengan prosesor intel i7 2600 dengan clock 3.4GHz. Processor ini memiliki 4 cores (8 threads). Daku kira spek ini sudah mencukupi.

Yang berbeda adalah karena kami ingin merakitnya sendiri. Kami tidak membeli jadi PC tersebut. Tetapi membeli prosesor, motherboard, RAM, harddisk, power supply, fan, dll secara terpisah. Selain ingin ngirit tapi hasil maksimal, kami terinspirasi dari komputer Helmer (baca: “Building home linux render cluster”). Benar-benar sangat inspiratif dimana cluster yang terdiri dari 6 PC ini dibangun di dalam casing IKEA Helmer Cabinet. Hemat tempat.

Hasilnya luar biasa, kekuatan & kecepatannya sudah terbuktikan sesuai cerita di situs tersebut. Malahan sang pembuat memiliki rencana lebih gila dengan menyusun versi Helmer II dengan prosesor AMD Buldozer yang memili 16 cores. Jika terdiri dari 6 processor seperti Helmer I, maka Helmer II bakal memiliki total 96 cores. Mantabs… Yang harus diacungi jempol adalah karena PC cluster tersebut rakitan sendiri dari PC kinerja tinggi.

Sangat sesuai dengan tujuan awal pembuatan cluster, yaitu penggabungan beberapa komputer dengan biaya rendah untuk mencapai kinerja & ketahanan tinggi.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Opini, Personal, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Rencana Membuat Cluster

  1. Lidya berkata:

    kirain cluster perumahan mas 🙂

  2. Agung Rangga berkata:

    semoga lancar kak~ 😀

  3. jarwadi berkata:

    dulu ketika pc belum secepat sekarang (mungkin sekitar tahun 2004) saya dan teman-teman sempat punya ide untuk membuat render farm, konsep nya sama. dengan beberapa komputer yang dikonfigurasi cluster (load balancing) tetapi belakangan urung. sekarang komputer sudah enteng untuk sekedar video rendering atau ray tracing sederhana 🙂

  4. Lowongan Jateng berkata:

    saya menunggu hasilnya pak

  5. Yos Beda berkata:

    itu diatas disebutkan kalau beli server jadi 15 jutaan ya mas, tapi klo merakti sendiri itu totoalnya habis berapa juta mas?

    • Server 15 juta itu yg paling murah. Beberapa server kami di atas US$ 7.000. Tentu tidak mungkin membangun cluster dengan server yang termurah sekali pun karena mahal.

      Makanya kami pengen merakit sendiri. Perhitungannya adalah 1 PC dengan spesifikasi lumayan biasanya 4-6 juta. Tinggal dikalikan berapa node dan beberapa piranti pendukungnya.

  6. Ping balik: Mulai Belajar Cluster MySQL | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  7. daffi berkata:

    Salam kenal…
    Bagus idenya Mas… Saya ga punya background IT cuma belajar otodidak di internet. Kalo boleh tau, cara buatnya nanti gimana mas? boleh sharing refensinya?? Saya udah lama niat pengen buat nantinya dipake buat keperluan simulasi & rendering..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s