Apa itu Arduino?

Kayaknya masih banyak yang belum mengerti apa itu Arduino. Terus terang, saya pun belum lama mengenalnya. Tapi tidak menggoyahkan hati saya untuk menggelar acara Giveaway: Arduino Leonardo. Soalnya benar-benar mengasyikkan bermain dengan Arduino. Dan kita bisa membuat banyak hal dengannya, dari yang sekedar mengendalikan kunci pintu, gorden, dll di sekitar kita, aplikasinya juga bisa jadi pesawat, quadcopter, bahkan drone UAV (unmanned aerial vehicle). Menarik kan? Anda bisa membuat banyak hal yang kreatif dan inovatif dengannya. Kata kuncinya adalah: pengendali, otomatisasi.

Lalu apa itu Arduino sebenarnya? Arduino adalah sebuah pengendali mikro yang dapat diprogram. Arduino biasa digunakan untuk membuat suatu prototype piranti karena sifatnya yang fleksibel dan mudah digunakan baik software mau pun hardware-nya. Asyiknya adalah karena Arduino ini menganut azas Open Source, sehingga kita dapat berbagi desain/prototype dan setiap orang dapat mempelajari dan membuatnya sendiri. Syukur-syukur bisa turut mengembangkannya dan membaginya kembali ke komunitas.

Atau bahkan Anda dapat membuat versi Arduino sendiri. Saat ini sudah banyak versi turunan dari Arduino yang dibuat secara spesifik, misalnya ArduPilot yang digunakan sebagai otak pesawat/helicopter. Dari sekedar yang RC (remote control) sampai ke UAV (unmanned aerial vehicle) dan dipandu dengan GPS (global positioning system).

Secara resmi Arduino ini memiliki beberapa varian sesuai kebutuhan. Versi yang terbaru adalah Arduino Leonardo yang dijadikan acara Giveaway. Secara singkat, Arduino Leonardo ini adalah versi pengembangan dari Arduino Uno yang memangkas komponen komunikasi serial yang sebelumnya terpisah dengan menyatukannya dalam chip ATmega32u4. Keuntungan dari penyatuan ini adalah komunikasi serial (via USB) dapat langsung dilakukan antara Arduino dengan piranti lain (termasuk PC) dengan cara yang lebih mudah dari sebelumnya. Dan Arduino Leonardo pun dapat dikenali dengan mudah oleh PC yang terhubung dengannya. Seperti ketika menghubungkan keyboard atau mouse USB yang langsung dikenali oleh PC.

Kita bisa membeli online dari Famosa Studio. Tenang saja, Famosa Studio ini penjual online terpercaya. Saya sudah beberapa kali transaksi dan semuanya baik-baik saja. Pelayanannya juga sangat memuaskan. Saat saya membeli Arduino Leonardo sudah di-bundle dengan CD tutorial. Kita dapat pesan juga loh. Nanti Famosa Studio akan mengimportnya. Saya pernah memesan Raspberry Pi via Famosa Studio dan benar-benar memuaskan karena saya tidak perlu indent 3 minggu lebih.

Kembali ke topik… Seperti sudah disebutkan di atas, kita bisa membuat hal-hal sederhana untuk mempelajari beberapa bidang sekaligus, yaitu elektronika, pengendali (microcrontroller), pemrograman, bahkan komunikasi data. Beberapa bidang yang di dunia elektro menjadi spesialisasi tersendiri. Kita dapat mempelajarinya dalam 1 kesempatan di Arduino dengan cara yang mudah & cepat. Keren ya?

Berikut adalah contoh sederhana yang mungkin dapat membuka wawasan tentang manfaat dari Arduino. Tentu contoh ini sederhana supaya mudah dipahami.

  1. Membuat lampu yang otomatis menyala ketika hari sudah gelap dan otomatis mati ketika hari sudah terang.
  2. Membuat gorden membuka otomatis saat hari sudah terang dan menutup otomatis ketika hari sudah gelap.
  3. Menyalakan AC secara otomatis ketika suhu ruangan telah mencapai lebih dari 26* dan ada orang dalam ruangan.
  4. Membuat kunci rumah dengan RFID. Kita cukup mendekatkan pin atau benda-benda yg telah diberi RFID untuk membuka/mengunci pintu.
  5. Membuat robot serangga yang akan berjalan sendiri dan menghindari halangan di depannya.
  6. Membuat kendaraan autonomous yang mengikuti garis jalur dan berhenti kalau ada obyek di depan.
  7. Membuat hiasan lampu yang nyalanya akan menari mengikuti lagu.
  8. Membuat efek suara/gitar. Bahkan kita bisa membuat instrumen musik sendiri.
  9. Membuat alarm banjir, jika ketinggian air di pintu air sudah melebihi nilai tertentu, alat akan mengirimkan SMS dan menyalakan alarm.
  10. Membuat alat bantu parkir mobil. Jika ada obyek di dekat mobil, maka alat akan membunyikan alarm sekaligus menampilkan jarak obyek tersebut dari mobil.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh yang menarik dan kompleks dan mengasyikkan. Kita bisa mempelajari dan membuatnya sendiri. Tenang saja, semuanya open source kok. Asyik kan?

Jadi, bagi yang ingin mempelajari Arduino, silakan ikutan acara Giveaway: Arduino Leonardo. Ini versi asli dari Itali, lengkap dengan header-nya.

~~~

Terkait:
~ Arduino
~ Arduino (Wikipedia)
~ DIY DRONES
~ Blog Famosa Studio (berisi contoh2 proyek Arduino)

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, Dewo, Elektronika, Gadget dan tag . Tandai permalink.

22 Balasan ke Apa itu Arduino?

  1. Devi Yudhistira berkata:

    woowww kereeennn….mupeng beneran deh, si abang pasti pengen banget….

    sik tak liat syarat ikutan giveawaynya…susah gak ya…. 🙂

  2. Lidya berkata:

    tadi sempat chat sama suami dia juga kasih link famosa studio, ternyata sumbernya sama ya hehehe. Leonardo keluaran juli 2012 ya kalau tidak salah. Nunggu pengumuman dulu ah kalau gak menang beli di famosa ya 🙂

  3. gold price berkata:

    “Semua tulisan ADALAH didapatkan berdasarkan ilham dari Tuhan dan bermanfaat bagi pengajaran, hukuman, perbaikan, perintah menuju kebenaran.” (Injil – 2 Timotius 3: 16 versi Scofield).

  4. Ping balik: Giveaway: Arduino Leonardo (Updated) | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  5. Asfia berkata:

    salam kenal
    waah menarik banget arduino nya…
    mau ikutan yaa 🙂

  6. Niar Ningrum berkata:

    Wow alat yang canggih, tapi niar gag bisa caranya 😀 mantengin blog nya ajah deh 😀

    Salam kenal om dewo 😀

  7. jarwadi berkata:

    saya sebenarnya suka sama controller, dan beberapa waktu mainan dengan atmel 89c5x. dulu pertama kali tertarik untuk membuat control motor sederhana 🙂

  8. cumakatakata berkata:

    wah kunjungan pertama langsung disuguhi giveaway…..

    rang baru blh ikutan gak nih???

  9. Ping balik: Oh Tanamanku, Yes Arduinoku | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  10. Sugel berkata:

    Secara garis besar, Minibloq juga sama dengan modkit. Minibloq juga visual Arduino programming yang memudahkan pengguna dalam membuat program. Minibloq sekarang sudah ada di versi 0.81Beta. Minibloq juga sudah mendukung multi platform seperti windows, linux, dan Mac. Software ini juga bersifat free alias open source.

  11. silver account berkata:

    Tibalah saatnya untuk ngoprek wi-fi USB. Googling dan yahooing pun dilakukan. Ada 1 titik terang, wi-fi USB yang saya pakai, yaitu TP-Link WN422G sudah dikenali oleh Wheezy. Tinggal download firmware dan mengaktifkannya. Tapi ternyata tidak semudah itu, hiks… Dari cara yang paling sulit dengan install & compile driver sampai ke yang mudah dengan cabut-colok dongle tidak membuahkan hasil. Padahal sistem sudah mengenalinya, hanya saja sistem selalu gagal mengaktifkannya (initialize).

  12. gold account berkata:

    Secara garis besar, Minibloq juga sama dengan modkit. Minibloq juga visual Arduino programming yang memudahkan pengguna dalam membuat program. Minibloq sekarang sudah ada di versi 0.81Beta. Minibloq juga sudah mendukung multi platform seperti windows, linux, dan Mac. Software ini juga bersifat free alias open source.

  13. silver price berkata:

    Sederhana Pemrograman Arduino relatif mudah digunakan oleh para pemula, tetapi cukup leluasa juga digunakan oleh yang mahir atau professional karena kemampuan bahasa nya yang fleksibel, bisa pakai library Arduino atau mengembangkan nya sendiri.

  14. Ping balik: Tinggal Semalam Giveaway Arduino Leonardo | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  15. Ping balik: Prototype Garduino ala Dewo versi 1 | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  16. lukman berkata:

    wah,keren juga nih,, pengen belajar tapi belum ada biaya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s