Bikin Prototype dengan Protoshield

Saat belanja elektronika di Famosa Studio tempo hari, salah satu yang daku beli adalah Arduino Protoshield Kit. Ini adalah board prototype yang bisa dipasang secara bertumpuk di board Arduino (tipe Uno R3 dan Leonardo). Sudah ada lubang-lubang dan jalur-jalur penting seperti power (Vcc) dan Ground (Gnd). Yang terpenting adalah pin-pin Arduino sehingga bisa menghubungkannya ke banyak komponen pendukung seperti sensor, relay, LED, display, dll.

Arduino Protoshield Kit

Arduino Protoshield Kit

Hanya saja Protoshield ini dijual dalam bentuk kit, yang berarti kita harus merakitnya sendiri. Ini keuntungan bagi kita karena kita bisa mendesain prototype yang sesuai dengan proyek kita. Dalam foto di bawah ini daku mendesain supaya bisa menampung 4 sensor. Sedangkan 2 buah LED merah kecil bisa digunakan sebagai warning jika sensor melebihi nilai ambang. Sisa lubang bisa digunakan untuk hal lain.

Protoshield ala Dewo

Protoshield ala Dewo

Oh iya, kit ini sudah dibekali dengan breadboard mini. Ini menjadi solusi praktis untuk prototyping karena kita tidak perlu men-solder dan bisa bongkar-pasang komponen dengan mudah.

Tinggal Ditumpukin ke Arduino Leonardo

Tinggal Ditumpukin ke Arduino Leonardo

Benar-benar praktis dalam membuat prototype. Setelah itu kita tinggal konsentrasi ke pemrograman.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, Dewo, Elektronika, Foto, Personal dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Bikin Prototype dengan Protoshield

  1. Ping balik: Ngoprek Sensor Temperature & Humidity (DHT11) | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  2. Ping balik: Ngoprek Soil Moisture Sensor | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  3. Ping balik: Membuat PCB untuk Proyek Garduino | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  4. Ping balik: Prototype Garduino ala Dewo versi 1 | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  5. Gilang berkata:

    ini cara masangnya gmn om dewo?? kalo shield yg udh jadi kaya ente ada yg jual ga yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s