WhatsApp versus BlackBerry Messenger

Tidak disangka kemarin malam saya mendapat sapaan dari sobat di aplikasi WhatsApp (WA). Sudah lama sekali saya tidak ngobrol pake WA walau pun saya selalu meng-update aplikasi chatting lintas platform ini. Obrolan kemudian beranjak ke keunggulan WA dibandingkan dengan BlackBerry Messenger (BBM).

Kami setuju bahwa keunggulan utama dari WA adalah karena dia lintas platform. Kita bisa menginstall WA di Android, BlackBerry OS, iOS, Symbian dan MS Windows Phone (*sayang tidak ada di linux ya?*). Secara market semestinya WA bisa mengungguli BBM yang hanya bisa jalan di platform BlackBerry karena WA bisa merangkul lebih besar segmen pengguna. Tapi bagaimana jika dilihat dari aspek teknis?

Secara pribadi saya menilai BBM masih lebih unggul dari pada WA. Secara umum banyak fasilitas di BBM yang ada juga di WA, misalnya pertukaran foto, video, audio, group chat, bahkan emoticon WA lebih menarik dari pada BBM. Tetapi sependek yang saya tahu, ada 2 fitur BBM yang belum bisa ditiru WA, yaitu:

1. Recent Updates. Pada BBM ada daftar update status dan DP (display picture) dari teman-teman kita. Menyenangkan mengetahui kalau ada teman mengubah status atau DP-nya. Walau pun di WA ada tab Favorite, tapi nampaknya bukan fitur yang bisa disandingkan dengan Recent Updates ini.

2. Status Pesan. Pada BBM status pengiriman dan penerimaan pesan sangat jelas dan transparan. Pada saat mengirim pesan, kita tahu status pesan kita terkirim atau tidak, sampai ke penerima atau tidak, dan dibaca penerima atau tidak. Saat menerima pesan pun kita bakal tahu apakah pesan yg kita terima sudah dibaca atau belum (ada dot warna hijau). Sedangkan WA hanya memberikan status terkirim dan sampai ke device penerima.

Rasanya ke-2 fitur dari BBM ini yang menjadikan saya lebih betah menggunakan BBM. Soalnya bagi saya ini cukup menyenangkan. Bagaimana dengan pendapat sobat-sobat?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Gadget, Opini, Personal, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke WhatsApp versus BlackBerry Messenger

  1. Lidya berkata:

    daripada bingung saya pakai keduanya mas 🙂 WA saya pakai di android, BBM ya di bb

  2. jarwadi berkata:

    saya belum lama menggunakan whatsapp, pakai bbm sudah lama, tetapi saya juga tidak terlalu suka chating, jadi tidak banyak tahu fitur bbm 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s