Server Down (Lagi)

Barusan server down. Kok ya down-nya pas saya ada di Pekanbaru. Bulan lalu juga down pas saya di Pekanbaru. Barusan lagi. Seolah tahu kalau saya di sini dan mulai melancarkan aksi ngambeg. Hehehe…

Bulan lalu server ngambeg karena MySQL server crash. Entah mengapa, tidak diketahui penyebabnya. Alhasil harus install ulang MySQL Server. Sekalian saja perbaharui sisop-nya, dari Ubuntu 10.10 yg sudah tidak di-support ke Ubuntu 12.04 LTS. Setelah itu sekalian mengaktifkan replikasi yang sempat terhenti lebih dari setahun.

Kali ini tiba-tiba server hang dan tidak bisa restart. Ketika dinyalakan X server tidak mau aktif seolah ada masalah di driver-nya. Syukurlah bisa masuk ke console, jadi bisa dicek semua service-nya. Semua jalan kecuali X server dan MySQL Server. Ternyata ada pesan error karena drive full alias sudah tidak space lagi di harddisk. Kok bisa ya? Padahal biasanya sistem tidak lebih dari 50 GB. Sedangkan kapasitas harddisk dgn RAID5 sekitar 350 GB. Langsung saja saya hunting file-file besar.

Ternyata ada file log yang besarnya haudzubillah. Mungkin 300 GB secara angkanya banyak banget tanpa separator ribuan. Begitu dihapus X Server & MySQL Server bisa dijalankan dengan lancar. Oh ya, sekedar catatan, file log ini berjudul .xsession.errors. Saya akan mencoba memantau ukuran file log ini beberapa hari ke depan. Jika memang terus membesar, berarti harus ada langkah antisipasi.

Mumpung sedang diperbaiki, sekalian saja update server. Setelah itu server dapat kembali bekerja dengan baik. Wah malam minggu yang sibuk. Dan kini hujan lebat… Untung tadi tidak jadi main ke Riau Expo, hehehe…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Curhat, Database, Dewo, Server dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Server Down (Lagi)

  1. Lidya berkata:

    servernya kangen mas dewo kali ya hehehe, semoga hari ini sudah tidak down ya

  2. Ping balik: .xsession-errors | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s