ATtiny85 Programmer with Arduino Nano Socket

Semenjak menerima sample dari Atmel, saya jadi sering ngoprek ATtiny85 yang imut itu. Lebih mengasyikkan karena untuk memprogramnya bisa menggunakan Arduino Nano yang juga imut. Penggunaan Arduino Nano menjadikan pemrograman ATtiny lebih praktis karena Nano bisa langsung tancap di breadboard sehingga koneksi pengkabelan lebih kuat.

Arduino Nano yang breadboard-friendly
Arduino Nano yang breadboard-friendly

Lebih lanjut, penggunaan Nano + Attiny dalam 1 breadboard bisa membuat experimen rangkaian lebih mengasyikkan. Komponen-komponen pendukung bisa langsung tancap di breadboard. Kalau ada kekurangan dalam program bisa langsung di-edit & upload.

Programmer ATTiny85 dengan Arduino Nano dalam 1 breadboard
Programmer ATTiny85 dengan Arduino Nano dalam 1 breadboard

Jadinya tidak perlu membuat development board khusus untuk ATtiny seperti layaknya Arduino Board. Praktis ya?

Tidak perlu development board khusus utk ATtiny85
Tidak perlu development board khusus utk ATtiny85

Tapi gara-gara surfing dan kemudian nyampai di sebuah artikel bertajuk _Attiny Programmer, saya jadi tertarik untuk membuat versi saya sendiri. Berbeda dengan pendekatan di artikel tersebut yang membuatnya sebagai shield programmer di board Arduino reguler, saya memilih membuat versi yang unik, yaitu versi soket untuk Nano.

Diisi dengan soket untuk Attiny & Nano plus LED
Diisi dengan soket untuk Attiny & Nano plus LED

Saya membuat soket untuk Arduino Nano dari pin header female. Untuk kaki kanan saya cuma menggunakan 4 pin sedangkan kaki kiri full soket. Kalau dibuat full semua pin bisa sulit nancapkan & mencabut Nano jika dibutuhkan untuk keperluan lain. Sedangkan socket untuk Attiny85 menggunakan socket standard 8 pin. Saya juga menambahkan 8 soket mandiri untuk kaki kiri dan kanan Attiny85 supaya bisa digunakan untuk development board sederhana. Oh iya, saya menambahkan juga resistor 220R dan socket untuk LED. Ini hanya untuk ngecek apakah programmer berhasil meng-upload program dengan baik. Programnya bisa menggunakan program blink dari contoh bawaan Arduino.

Pengkabelan di bagian bawah
Pengkabelan di bagian bawah

Supaya board programmer ini tampak rapi, saya menyolder kabel-kabel koneksi di bagian bawah board. Sempat salah koneksi sehingga programmer gagal berfungsi. Gara-garanya salah hitung pin, hehehe… Untunglah tidak membuat rusak Nano mau pun Attiny85.

Akhirnya berfungsi baik
Akhirnya berfungsi baik

Di atas adalah foto programmer yang berfungsi dengan baik. Program test adalah menyalakan LED dengan PWM sehingga LED bisa menyala & padam secara gradual.

Ini adalah programmer yang ditujukan hanya untuk upload program. Sebaiknya prototyping & development tetap di breadboard yang lebih fleksibel. Karena walau pun saya menambahkan beberapa pin seperti layaknya development board, tapi rasanya masih kurang nyaman untuk eksperimen.

Iklan

9 respons untuk ‘ATtiny85 Programmer with Arduino Nano Socket

  1. saya mau belajar ardino dari awal mas sebaiknya mulai dari mana ya, proyek pertama sih pengennya bikin digital temperatur yg sederhana aja, mohon sarannya, trims

  2. makasih artikel nya, saya mau belajar cara isi program ATtiny85 yang simpel ,jika input 1 di beri tegangan hig/low maka output 1 menyalakan led sebagai indikator outpu ke 1, dan input 2 di beri tegangan hig/low maka output 2 menyalakan lampu led sebagai indikator output ke 2,mohon bimbingan nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.