Programming ATtiny84

Setelah belajar Attiny85 dan membuat programmer versi socket Nano, saya pun melanjutkan pembelajaran ke pemrograman ATtiny84. Chip sample dari Atmel ini adalah versi kaya dari ATtiny85 karena ATtiny84 (dan ATtiny44) memiliki 12 pin I/O. Bandingkan dengan ATtiny85 yang cuma punya 6 pin I/O. Lebih kaya 2 kali lipat sehingga memungkinkan penggunaannya untuk hal yang lebih kompleks.

Programmer ATtiny84 with Arduino Nano

Programmer ATtiny84 with Arduino Nano

Seperti biasa, saya mengandalkan Arduino Nano dan breadboard. Di atas adalah foto programmer sederhana hasil adaptasi ke ATtiny84. Untuk referensi dasar bisa merujuk ke: Program an ATtiny with Arduino (instructable) atau ke Programming an ATtiny w/ Arduino 1.0.1 (high-low tech). Prinsipnya sama, hanya saja saya menggunakan Arduino Nano untuk memprogram ATtiny84.

Test Program ATtiny84

Test Program ATtiny84

Programmer ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hanya saja ada sedikit catatan dari saya, saat mencoba PWM (pulse width modulator) yang mensimulasikan keluaran analog, pin 5 dan 6 yang bisa digunakan untuk output analog ternyata tidak menghasilkan output yang smooth. Incremental dan decremental tidak smooth ditampilkan di LED. Mungkin karena pin 5 & 6 ini digunakan juga sebagai pin yang digunakan untuk pemrograman (MISO dan MOSI).

Berbeda dengan pin 7 dan 8 yang bisa menghasilkan output PWM yang smooth karena kedua pin ini didedikasikan utk I/O dan tidak nyambi keperluan lain. Mungkin secara visual (via LED) akan nampak sekali bedanya antara yang smooth dengan yang tidak. Tapi mungkin secara elektronika tidak terlalu berpengaruh. Namun untuk keperluan visual atau jika berhubungan dengan piranti lain yang peka, sebaiknya menggunakan pin 7 dan 8.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, ATtiny, Catatan, Elektronika, Foto dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s