Dapat Pesanan Desain

Wah senengnya saat dapat pesanan desain dari teman. Pesanan berupa jam dengan alarm radio. Kelihatannya sederhana karena di pasaran kan banyak produk serupa. Bahkan bentuknya mini dan bagus.

Ternyata mendesainnya sulit loh! Setelah sepanjang weekend belajar banyak dari internet, rupanya proyek ini melibatkan banyak subsistem yang kompleks. Sebut saja MCU (microcontroller unit), RTC (real time clock), display (kayaknya paling mudah pakai LCD Display dari pada matrix display), modul radio FM, power regulator (5 & 3 volt), dan lain-lain. Apalagi saya ingin menambahkan sensor suhu, jadinya tambah kompleks, hehehe…

Hasil belajar, ternyata paling sulit dari beberapa subsistem di atas adalah modul radio FM. Tentu saja ini bukan sekedar radio FM yang biasa dibuat untuk praktek elektronika anak sekolah. Ini adalah radio digital yang bisa scanning frekuensi dan menyimpan beberapa channel ke memori. Ditambah fasilitas RDS atau RBDS sehingga pengguna bisa tahu nama stasiun radio, nama acara, judul lagu dan penyanyi, dan info-info lain yang di-broadcast oleh stasiun radio secara digital.

Asli, puyeng belajarnya. Untunglah punya teman yang bekerja di sebuah perusahaan elektro terkenal jadi bisa banyak konsultasi. Dari beberapa pilihan chip radio, pilihan mengerucut ke chip Si4703 dari Silabs (Silicon Labs). Semua kebutuhan akan fitur penerima radio terpenuhi. Hanya saja chip ini bentuknya SMD (surface mount device) yang mana selama ini selalu saya hindari. Sekedar info, komponen SMD ini bentuk kecil banget. Komponen SMD langsung disolder ke permukaan board. Si4703 memiliki bentuk SMD yang sama sekali tidak punya kaki. Pin-nya cuma berupa kontak di body-nya. Memegangnya dengan tangan saja sudah sulit, apalagi menyoldernya? Maklum, faktor usia juga sih. Kebanyakan komponen SMD ini dirakit menggunakan mesin dengan tingkat presisi yang tinggi. Kalau pun mau merakit sendiri, diperlukan kaca pembesar dan pinset. Hiks…

Hampir saja menyerah dan memilih menggunakan desain penerima FM sederhana seperti layaknya praktikum sekolah. Tapi kok tidak elegan jadinya. Bisa jadi kebanting sama MCU dan display.

Syukurlah saya menemukan breakout chip ini. Breakout adalah board suatu modul terpisah dengan fungsi khusus yang bisa dengan mudah diintegrasikan dengan modul utama. Sebuah breakout telah menambahkan komponen eksternal suatu chip sehingga bisa langsung berfungsi. Yang lebih menyenangkan, breakout board memiliki ukuran yang user-friendly, ehm, opreker-friendly tepatnya.

Dan lebih beruntung karena breakout ini menggunakan Si4703 sesuai dengan rekomendasi teman. Pilihan breakout penerima FM lain juga ada sih, seperti breakout yang menggunakan TEA5767, Si4735, AR1010, TDA7000, RDA5807SS, dll. Sebagian dari chip tersebut sudah discontinued dan telah digantikan dengan produk baru yang lebih canggih. Sayangnya belum tersedia breakout-nya.

Penemuan ini membuat semangat ngoprek menggelora lagi. Hanya saja breakout penerima FM ini termasuk mahal. Ah, untung saja ada kartu kredit, hehehe…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, Catatan, Dewo, DIY, Elektronika, Personal, Prototype dan tag , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Dapat Pesanan Desain

  1. Elvin berkata:

    horeeeee…..akhirnya bisa denger dario lagi deh
    Thank you 😀

  2. Lidya berkata:

    wah hebat nih mas sudah mulai terima pesanan. kita masih ngumpulin spare part dikit2 nih, kemarin beli beberapa di ebay dapat murah 🙂

  3. Ping balik: Membuat Jam Digital Sendiri | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  4. dhany berkata:

    Salam kenal mas. Saya dapat blog mas dewo ini dari searching google utk keyword “terima pesanan elektronika”. Apa ada syarat atau batas tertentu utk bisa order?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s