Kecewa Pesan PCB

Tempo hari saya menuliskan kalau saya memesan PCB (outsourcing) dari pada membuatnya sendiri. Setelah seminggu lebih menanti, akhirnya PCB pesanan tiba di meja saya. Hanya saja setelah melihat hasilnya, saya jadi kecewa berat. PCB dibuat ala kadarnya. Banyak lubang yang tidak tercover sempurna, bahkan kebanyakan rusak lingkarannya. Mungkin karena pengeboran yang tidak sempurna sehingga mengakibatkan ring rusak.

Ketika saya layangkan protes, pemiliknya meminta maaf dan mengakui kalau PCB tersebut terpaksa dia bikin sendiri, bukan oleh karyawannya, karena ada masalah internal di organisasi mereka. Dan pemilik usaha tersebut menawarkan diri untuk menggantinya.

Namun saya sudah terlanjur kecewa berat. Pertama, saya kecewa dengan lamanya pembuatan PCB ini. Sebelumnya mereka berjanji hanya membutuhkan waktu 4 hari saja. Tapi kemudian molor menjadi lebih dari 6 hari. Setiap hari saya cek tapi progres tidak jelas. Mungkin pada akhirnya PCB dikerjakan pemiliknya sendiri dengan tergesa-gesa.

Kedua, kok ya teganya memberikan hasil yang buruk kepada pelanggannya. Saya bilang hasilnya buruk bin jelek bukan karena saya tidak menghargai hasil kerja mereka, tetapi karena selain tidak rapi, PCB ini tidak bisa dipakai. Catat: TIDAK BISA DIPAKAI. Selain karena ring hole yang rusak, ada jalur yang rusak atau tidak tersambung, juga karena pengeboran yang tidak rapi sehingga komponen semacam IC tidak bisa masuk dengan sempurna kecuali dengan membengkokkan kaki-kakinya.

Ketiga, ini sangat fatal, ternyata PCB yang dihasilkan adalah mirror. Jadi terbalik hasilnya. Weks… betul-betul tidak bisa dipakai.

Keempat, dengan melihat cara mereka menjalankan bisnis, saya tidak yakin pembuatan berikutnya menjadi lebih baik. Jelas ini kesimpulan sesaat dari saya saja, dan mungkin bisa salah. Tapi melihat poin 2 dan 3, rasanya saya tidak perlu memberikan kesempatan lagi kepada mereka.

Mungkin pengalaman outsourcing saya ini juga banyak dialami oleh rekan-rekan lain. Dari sini saya belajar beberapa hal, yaitu:

1) Harga menentukan kualitas. Terus terang saya memilihnya berdasarkan harga yang murah. Dan saya salah. Lebih baik saya mengeluarkan uang sedikit lebih banyak dari pada kehilangan semua uang yang saya anggap murah itu.

2) Memilih vendor yang proven. Kadang kala mahal itu perlu kalau memang hasilnya baik & terjamin. Walau ada alternatif murah, buat apa jika kemudian hasilnya tidak bisa dipakai? Jadinya malah membuang uang, waktu dan opportunity.

3) Memilih vendor yang membuat PCB dengan mesin. Bukannya saya tidak menghargai hasil kerja manusia, tetapi harus diakui bahwa kemampuan manusia itu sangat terbatas. Termasuk dalam membuat PCB dengan jalur yang kecil dan lubang yang berdempetan, yang semuanya butuh kejelian mata dan keterampilan khusus yang tidak semua orang miliki. Lebih baik jika semua kerumitan itu diserahkan kepada mesin yang baik dengan akurasi yang tinggi.

Sementara ini saya masih akan mencari vendor pembuat PCB lagi. Ada beberapa kandidat yang di iklannya menyebutkan kalau mereka membuat dengan teknologi tinggi, termasuk dengan CNC, dan menampilkan beberapa foto hasil produksinya. Menarik. Lebih mahal sih. Ah, jangan bicara masalah harga lagi. Takutnya membuat kecewa lagi.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Kecewa Pesan PCB

  1. Lidya berkata:

    maksudnya mau cepat ya mas pesan tapi jadi tidak memuaskan

  2. Ping balik: Pesanan PCB Jamdario | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  3. Papane Nandini berkata:

    bukan Anda saja yang mengalami….beberapa hari lalu saya juga mengalaminya, untungnya pcb masih bisa digunakan (gk mirror)….hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. menurutku sih mahal di bahan…tapi kualitas cetakan gak karu-karuan, kayaknya sablon manual deh….kata temenku masih bagusan pcb hasil sablonanku sendiri…hiksss
    order 10pcs ukuran 18x16cm, total hole sekitar 1600, bahan FR4, no top overlay, harga per pcsnya jatuhnya sekitar 100rb/pcs…..
    awalnya saya curiga karna waktu pengerjaannya yang molor mulu…….dan terbukti….akhirnya saya terpaksa membuat sendiri pcb untuk melayani kustomer, karna saya juga harus mempertahankan kualitas produk saya…..
    jadi……..mulai sekarang…..harga no problem, selama hasil dan waktu pengerjaan seperti yang kita harapkan dan cukup realistis….toh kita juga masih bisa menaikkan tarip ke kustomer bila emang kualitas produk yang baik dan terjaga.

    omong2…..mesin CNC drilling yang murah meriah dijual dimana yach……kikikikikikiki

  4. Agung berkata:

    Numpang info, Kalau butuh mesin dril pcb yang murah meriah, dipakai oleh beberapa pabrik pcb besar di bandung, terbukti handal, hubungi sales@cncmurah.com atau 08156576312

  5. Pak.. Saya anak SMK menerima pemesanan PCB. InsyaAllah anak muda lebih teliti.. 🙂 085785345396

  6. Pesannya dimana mas? Biar tidak jadi korban berikutnya 😀

  7. AGUSSALIM berkata:

    mau pesan PCB dan PdCl2 ( bahan untuk thru hole PCB double layer) hubungi 081394291113

  8. Eko berkata:

    Numpang iklan ya pak terima cetak dan desain pcb hub 08561646699

  9. bebekmacho berkata:

    saya mengalami pengalaman yang sama dengan seseorang bernama budijanto (089695350234/octobpra@hotmail.com) dimana saya sudah memberikan final approval tgl 21 october 2015 dan mentransfer DP sebesar 500rb. sampai hari ini board saya tidak di kirim dan ybs tidak bisa saya hubungi baik melalui HP maupun WA. Teman2 silahkan berhati2 supaya tidak mengalami hal yang sama.

  10. kanankekiri berkata:

    Met siang pak.

    Kalo pemesanan dibuatkan rangkaian + PCB dari blok diagram yg sy punya, ada link pak ?
    Suwun

Tinggalkan Balasan

