Membuat Jam Digital Sendiri

Dulu saat kelas 2 SMP saya pernah membuat jam digital dengan display seven segment besar. Jaman tahun segitu betapa bangganya saya bisa membuatnya sendiri. Memang sih dulu membeli PCB yang sudah jadi, jadi tinggal beli komponen dan solder-solder komponen saja. Sayangnya dulu kristal yang dibutuhkan tidak ada yang nilainya pas sehingga jam menjadi terlambat beberapa menit setelah beberapa hari. (*wah jam kok tidak akurat?*)

Kini setelah puluhan tahun kemudian saya diminta untuk membuat jam lagi. Kali ini saya mendesainnya dengan microcontroller Atmega328. Jam ini didesain memiliki alarm yang bisa menyalakan suara biasa atau bisa diset untuk menyalakan radio. Selain itu jam ini didesain memiliki sensor suhu. Saya mendesainnya menggunakan LM35, kebetulan ada stoknya. Tadinya mau pakai DHT11 tapi saya pikir tidak perlu sensor kelembaban. Selain menghemat biaya, pemakaian LM35 juga menghemat memori karena tidak perlu library khusus untuk pemrogramannya.

Masih 1/2 selesai
Masih 1/2 selesai

Untuk display saya menggunakan LCD 16×2. Terus terang ini solusi yang paling praktis bagi saya, karena saya sudah beberapa kali menggunakan display ini dan berjalan dengan baik. Lagi pula dengan LCD 16×2 lebih fleksibel tampilannya karena bisa menampilkan banyak karakter/angka.

Mungkin proyek selanjutnya saya akan coba pakai 7-Segment. Kebetulan harga 7-segment kecil tidak terlalu mahal.

Selain sulitnya mendesain rangkaian, tantangan terbesar adalah mendesain tampilan akhir produk. Ini yang paling sulit, bagaimana membuat produk yang enak dipandang dan dipakai. Banyak produk bagus (apa pun produknya) yang gagal di pasaran hanya karena tampilannya tidak menarik dan/atau tidak enak dipakai, padahal fiturnya canggih.

Untuk sementara ini saya memilih untuk memprioritaskan fungsionalitas. Untuk tampilan nanti sajalah saat membuat versi selanjutnya. Hehehe…

Oh iya, dalam desain jam ini masih tersisa beberapa pin, yaitu 2 pin analog dan 4 pin digital (2 di antaranya PWM). Jadi ke depannya jam ini masih bisa dioprek untuk menambahkan fitur, misalnya menambahkan sensor gas/LPG, cahaya, soil moisture (oh bisa jadi ngepot), atau bisa juga ditambahkan relay untuk lampu/AC atau motor untuk membuka/menutup tirai jendela.

Kebetulan saya pakai ATmega328 yang punya memori 32KB, yang berarti 4x lebih besar dari pada ATmega8.

Foto di atas adalah tampilan jam-nya. Masih setengah jadi. Baru bisa menampilkan tanggal dan jam saja. RTC dengan DS1307 didesain embedded. Nanti malam akan dilanjutkan untuk memasang tombol-tombol dan sensor suhu LM35. Sebenarnya saya sangat penasaran untuk segera bisa memasang modul radio (dengan breakout Si4703 dari Sparkfun). Sayangnya pesanan saya belum tiba. Hiks…

23 pemikiran pada “Membuat Jam Digital Sendiri

  1. Jadi ingat saat SMP, PCB nya masih yang melobangi sendiri. Mesti harus direndam-rendam dulu…
    Setelah itu baru muncul PCB bikinan pabrik yg siap pakai…
    Dan sekarang jaman makin canggih

    • Hehehe… sekarang saya juga masih merendam & melubangi sendiri. Pengennya sih bisa outsource ke jasa pembuatan PCB. Tapi harus quantiti besar. Padahal sekarang baru bikin2 prototype, belum untuk produksi massal.
      Tapi benar loh, sekarang sudah canggih banget. PCB buatan sekarang bagus-bagus & kualitasnya bagus sehingga bisa awet puluhan tahun.
      Salam

  2. Pa Dewo saya ingin bikin jam digital bisa ga saya beli kit nya dengan bapa .dan nanti saya rakit sendiri terima kasih dari bengtji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.