Desain Skema & PCB Online

Nemu aplikasi keren untuk desain skematik dan PCB secara online via webbrowser. Dengan demikian kita tidak perlu install apa pun di PC kita. Cukup jalankan browser dan merujuk ke http://www.circuits.io. Setelah itu kita siap membuat skema & desain PCB.

Aplikasi ini berjalan baik di browser Chrome atau pun Chromium. Untuk bisa menyimpannya, kita perlu membuat account terlebih dahulu. Asyiknya kita bisa menggunakan akun Facebook atau Twitter.

Iseng bikin skema RTC DS1307

Iseng bikin skema RTC DS1307

Saya iseng membuat skema RTC dengan DS1307. Sayangnya saya tidak menemukan simbol Crystal 32.768 KHz. Jadi saya pakai simbol capacitor saja. Coretan saya bisa dilihat di: sini.

Untuk desain ringan, aplikasi ini enak dipakai dan kita cepat beradaptasi. Hanya saja sayangnya kebanyakan komponen memiliki bentuk SMD ukuran 0805. Saya kesulitan ketika mengganti ukuran resistor ke bentuk normal.

Sedangkan untuk desain PCB kurang enak dipakai. Mungkin karena memang masih versi beta ya? Tapi kayaknya aplikasi ini cukup menjanjikan, terutama karena kita tidak perlu instal apa pun di PC. Boleh dibilang zero footprint.

Secara default desain kita tersimpan di server curcuits.io dengan lisensi CC-BY-SA 3.0 (open hardware) atau bisa dipilih lisensi lain yang tersedia yang semuanya open hardware. Dan kita bisa membuat pengembangan atau pencabangan dari sirkuit lain yang sudah ada. Ini sangat membantu kita dalam mempercepat proses desain. Hasil akhir PCB bisa didownload dalam format Gerber. Atau jika mau kita bisa membelinya langsung dari circuits.io. Mereka yang akan memproduksinya bagi kita.

Secara keseluruhan aplikasi ini sangat menjanjikan. Tinggal dipoles sana-sini saja.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Elektronika, Open Source, Personal, Prototype dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Desain Skema & PCB Online

  1. siscaamellya berkata:

    Have a good day yah …

  2. Ra Sragen berkata:

    bisa tolong buatkan skema untuk simulasi arduino dan rtc, beserta script programnya untuk bel otomatis, untuk software saya menggunakan arduino 1.0

    ________________________________

  3. Ping balik: Desain Bel Sekolah Otomatis | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s