Testing Evaluation Board dengan Si4703

Hiks… kemarin pulang dari Bekasi kena macet 3 jam. Tapi segala rasa capek, pegal dan penat tidak mengurungkan semangat untuk ngoprek. Terutama karena saya ngoprek hal yang menarik, yaitu Evaluation Board Si4703 dari Sparkfun yang saya terima kemarin pagi. Kebetulan datasheet dan contoh tersedia lengkap di Sparkfun, bahkan sampai ke skematik dan desain PCB-nya. Jadi bisa langsung mencoba dengan kode yang tersedia.

Evaluation Board for Si4703
Evaluation Board for Si4703

Sebelum menghubungkan ke Arduino, saya menyolder pin header male ke evaluation board sehingga bisa ditancap ke breadboard. Seperti biasa, saya menggunakan board Arduino Nano andalan.

Power supply untuk evaluation board ini mengambil dari port 3.3V Arduino Nano. Sebenarnya chip Si4703 sudah memiliki LDO internal untuk menurunkan tegangan catu dari 5V ke 3.3V. Uniknya evaluation board dari Sparkfun ini sudah memiliki amplifier kecil sehingga output dari Si4703 bisa langsung didengarkan dari headphone/earphone atau pun speaker kecil. Saya langsung menyambungkan output ke speaker aktif.

Test berjalan baik
Test berjalan baik

Sebagai catatan, code contoh yang tersedia menggunakan library Wire yang lama. Kita perlu sedikit mengubah perintah send menjadi write, dan perintah receive menjadi read. Setelah itu code bisa langsung di-upload ke board arduino.

Horeee… radio pun berbunyi. Saya pun melakukan scanning dan menemukan beberapa stasiun radio. Sayangnya kebanyakan tertangkap mono. Mungkin karena daerah saya memang kurang bagus menerima sinyal radio atau karena board ini hanya menggunakan kabel earphone sebagai antena. RDS juga tidak tertangkap. Mungkin kebanyakan stasiun radio belum melengkapi dengan teknologi RDS.

Menyenangkan bisa mengetest modul ini dan semuanya berjalan baik. Tinggal saya integrasikan ke board Jamdario.

6 pemikiran pada “Testing Evaluation Board dengan Si4703

  1. tapi saya masih tidak dapat menggunakan rds dengan betul . bila saya poll for rds, akan hanya keluar no rds sahaja . mohon terangkan . saya menggunakan coding yang sama .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.