Desain Bel Sekolah Otomatis

Saya mendapat request dari Ra Sragen di sini #1 dan sini #2 untuk merancang bel sekolah otomatis. Baiklah, saya mencoba mendesainkan skemanya semampu saya. Hanya saja ini baru desain, saya tidak membuat prototype-nya. Desain ini perlu diuji untuk realisasinya.

Skema bel sekolah otomatis
Skema bel sekolah otomatis

Skema di atas terdiri dari 5 bagian utama, yaitu Arduino (saya memilih versi Uno R3), LCD 16×2 (dengan driver 74HC595), Real Time Clock dengan DS1307, tombol-tombol pengatur alarm/bel, dan relay untuk mengaktifkan sirene.

LCD 16×2 didesain menggunakan shift register 74HC595 sehingga bisa menghemat penggunaan pin di Arduino menjadi cuma 3 pin. Saya menambahkan 1 pin PWM untuk menyalakan atau mematikan backlight LCD.

Display LCD 16×2 ini digunakan untuk menampilkan jam sekaligus untuk mengeset beberapa parameter, yaitu berapa jumlah alarm atau penyalaan bel, berapa lama penyalaan alarm/bel, dan pengesetan waktu penyalaan. Saya menambahkan 3 buah tombol untuk pengesetan parameter ini. Tombol 1 untuk memindah mode penampilan biasa ke mode pengesetan masing-masing parameter. Tombol 2 untuk menaikkan nilai dan tombol 3 untuk menurunkan nilai. Semua parameter disimpan ke EEPROM Arduino sehingga tidak terpengaruh mati-hidupnya bel sekolah ini.

Oh iya, ke-3 tombol ini juga digunakan untuk mengeset jam.

Saya menggunakan DS1307 sebagai real time clock. Fungsinya adalah untuk membuat pewaktu yang akurat sekaligus sebagai acuan waktu untuk penyalaan bel. Dalam penggunaannya diperlukan baterai koin CR2032 untuk mempertahankan DS1307 supaya tetap berdetak.

Saat ini modul suara bel saya anggap modul eksternal. Kita bisa menggunakan sirene atau MP3 player ditambah amplifier. Penyalaannya dilakukan oleh relay yang dipicu oleh Arduino sesuai waktu alarm yang telah ditentukan.

Untuk code belum saya buatkan. Mungkin lain waktu jika ada kesempatan, terutama jika prototype sudah dibuat. Semoga desain ini bisa menjawab request dari Pak Ra Sragen.

Desain di breadboard
Desain di breadboard

Update 12/11/2012 Saya menambahkan C1 untuk decoupling, R8 dan seri LED dan R9 untuk indikator penyalaan bel. Saya juga menambahkan gambar desain pengkabelan di breadboard. Semoga bermanfaat.

Iklan

18 respons untuk ‘Desain Bel Sekolah Otomatis

  1. terimakasih atas desainnya, kalau kita menggunakan atmega8535 bagaimana desainnya mas? n penjelasannya makasih sebelumnya

    ________________________________

  2. permisi mas,
    bisa reques bikin prototype untuk matikan sama hidupkan AC dong, saya newbie, jadi mohon pencerahan nya mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.