Pesanan PCB Jamdario

Pagi ini saya menerima paket PCB yang telah saya pesan seminggu yang lalu. Sebelumnya saya pernah kecewa berat saat memesan PCB, tetapi kekecewaan itu tidak menghalangi saya untuk mencoba memesan PCB di vendor lain. Kebetulan dari website-nya nampak profesional. Jadi saya pun memesan PCB Jamdario. Sayangnya memang harganya mahal, per PCB menjadi berharga hampir Rp 25rb (belum termasuk ongkir).

PCB Pesanan

PCB Pesanan

Setelah saya lihat ternyata hasilnya baik dan rapi. Memang sih tidak dilapisi cat hijau atau biru atau putih seperti kebanyakan PCB profesional, tetapi lumayanlah sudah dilapisi anti karat di jalur PCB-nya. Sedangkan lubang bor rapi dan tepat di tempat seharusnya. Saya terawang rangkap 4 ternyata lubangnya presisi. Berarti pengeborannya menggunakan bor CNC.

Hanya saja saya tidak menyertakan silk screen atau layer layout komponen yang semestinya dicetak di bagian atas PCB. Sebenarnya di Fritzing sudah ada fasilitasnya, tapi entah mengapa saya selalu gagal meng-export-nya ke PDF. Sedangkan kalau ke format Gerber bisa berhasil. Sayangnya tempat saya pesan PCB ini tidak menerima format Gerber.

Mungkin lain waktu saya akan pesan lengkap dengan layout komponen. Tapi sekarang mau nawar dulu, siapa tahu harganya bisa ditekan lagi, hehehe…

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Elektronika, Prototype dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Pesanan PCB Jamdario

  1. tio prastyo berkata:

    Mas klu belu PCB seklian komponenya berapa mas?

  2. edy tio berkata:

    Mas…klu arduino nano bs d pesan d mn dan harganya berapa?…
    Klu boleh tau no hpnya ad ngak?

Tinggalkan Balasan

