Alarm Meraung-raung

Sudah beberapa kali saya mendengar alarm mobil meraung-raung di area ruko depan apartemen. Mungkin ada upaya pencurian mobil. Syukurlah ada alarm sehingga bisa menggagalkan upaya pencurian mobil.

Di area ruko depan apartemen memang sering jadi pool bagi usaha rental mobil. Di situ diparkir banyak sekali minibus. Sayangnya pemilik usaha rental tidak punya pool khusus sehingga hanya memarkirkan mobil-mobilnya di area parkiran terbuka ruko yang mungkin tanpa penjagaan ketat.

Selama ini, saya mengamati kalau raungan alarm mobil ini berlangsung lama. Mungkin pemilik mobil tidak mengetahui kalau alarm mobilnya meraung-raung. Mungkin setelah 1 jam barulah alarm tersebut mati. Entah karena dimatikan oleh pemilik atau karena habis akinya.

Untuk upaya menggagalkan pencurian, alarm mobil standard seperti ini sudah cukup. Tapi lain ceritanya jika pencurinya cukup ahli. Saya pernah baca ada alat scanner yang bisa mematikan alarm tanpa perlu merusak dan membuka pintu. Ketika alarm dimatikan, maka kunci pintu dapat terbuka sendiri.

Konon pembukaan dengan scanner ini bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Scanner akan mencari frekuensi/channel dari alarm. Begitu ketemu langsung mematikan alarm.

Tidak dipungkiri, daerah ruko depan rada sepi dan mudah diakses orang dari luar. Beda dengan apartemen yang selalu dijaga satpam 24 jam.

Celah ini tentu dapat dimanfaatkan pencuri. Walau pun dia gagal mencuri karena alarm meraung-raung, bisa saja dia menunggu beberapa lama sampai baterainya habis. Begitu aki habis, dengan mudah dia dapat membuka pintu. Menyalakan mesin cukup dengan starter metode dorong. Huuh, hilang deh itu mobil. (*Ups, kok malah ngajarin maling ya?*)

Mungkin lebih baik jika alarm sudah dilengkapi dengan modul GSM/CDMA yang otomatis akan mengirim SMS atau e-mail ke pemilik mobil jika ada upaya pencurian. Bagusnya lagi jika ada modul GPS sehingga bisa terdeteksi lokasinya. Sayangnya fitur-fitur canggih seperti ini belum menjadi standard keamanan mobil-mobil favorit di Indonesia. Padahal kan produsen mobil tahu begitu rawannya kondisi di Indonesia tercinta ini.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Ide, Ironi, Opini, Personal dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Alarm Meraung-raung

  1. elvinnio berkata:

    kalau bisa kirim sms/email/alarm langsung ke kantor polisi juga ya

  2. zedeen berkata:

    yang gps harganya 1,5 jutaan, sebenarnya murah dibanding harga sebuah mobil, saya pengen beli tapi dipasang di mobil siapa yak?

  3. Pulau Tidung berkata:

    Bikin dag-dig-dug aja .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s