Upload Program ke MCU dengan Bantuan Test Hook/Probe Terminal

Selama ini saya mendesain embedded sistem tanpa menambahkan interface untuk upload program. Tidak adanya interface ini karena saya tidak memiliki piranti programmer khusus untuk MCU. Di samping saya tidak ingin menambah ribet desain PCB.

Selama ini saya hanya menggunakan breadboard atau board programmer jadi-jadian. Cara ini tentu lebih murah dibandingkan membeli piranti programer khusus. Saya cukup menggunakan Arduino Uno atau Nano andalan saya untuk upload program via breadboard.

Test hook - Probe terminal

Test hook – Probe terminal

Tapi cara ini jadi merepotkan saat saya harus merevisi program sedangkan microcontroller sudah terpasang di board. Saya mencoba menggunakan kabel jumper biasa yang dipaksakan menancap di socket yang telah terisi IC-nya, tapi tidak bisa. Jalan satu-satunya adalah mencabut chip dari soket dan mengkonfigurasikannya di breadboard. Setelah upload program, chip dikembalikan ke board untuk uji coba. Kalau revisinya cuma sekali sih tidak mengapa. Tapi kalau sering? Ribet bolak-balik bongkar-pasang jungkir-balik! Apalagi bongkar pasang IC di socket beresiko merusak kaki IC itu sendiri.

Upload program ke Jamdario

Upload program ke Jamdario

Jadi saya pun mencari akal. Syukurlah ketemu akalnya, hehehe. Saya pun membeli hook atau probe terminal yang biasa digunakan untuk mengetest IC atau komponen yang sudah terpasang di board. Probe ini digunakan untuk menjepit pin IC untuk berkomunikasi serial dengan Arduino Uno yang dikonfigurasi sebagai programmer. Tidak lupa probe juga digunakan untuk menyalurkan power ke board. Hasilnya baik. Upload program berhasil dengan baik. Saya tidak perlu membongkar-pasang IC lagi. Horeee…

Mari kita lihat lebih dekat

Mari kita lihat lebih dekat

Sekarang tibalah saatnya fokus di ngoprek code untuk Jamdario.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, ATmega, Catatan, Code, Dewo, Elektronika, Prototype dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Upload Program ke MCU dengan Bantuan Test Hook/Probe Terminal

  1. elvinnio berkata:

    akhirnya kembali ke jamdario 😀

  2. supriono berkata:

    beli dimana ni probe gan????

Tinggalkan Balasan

