Say It with Light! (Release 1)

Setelah prototyping dengan Attiny85, mendesain ulang dengan Atmel ATmega8, tibalah saatnya aku membuat versi rilisnya. Untuk PCB aku memesan dari pihak luar supaya lebih rapi. Dan kemarin dimulailah produksi pertama “Say It with Light!” (SIWL!)

Perakitan "Say It with Light!"

Perakitan “Say It with Light!”

Pada produksi pertama ini aku terbalik saat memasang soket. Baru sadar setelah mau menancapkan MCU ATmega8. Untunglah cuma soket yang terbalik, karena tidak berpengaruh apa-apa kecuali penanda yang terbalik, hehehe… Baiklah, perakitan ke-2 dan seterusnya tentu akan lebih baik dan rapi.

Up and running

Up and running

Sedikit ada penyesuaian di code dari versi sebelumnya. Karena koneksi pin berbeda. Tapi prinsip kerjanya sama saja. Semuanya berjalan dengan baik.

Dalam code, aku membuat 5 buah preset tampilan. Walau pun demikian tampilan-tampilan bisa diubah sesuai keinginan. Cara ngopreknya gampang kok. Cabut ATmega8 dari SIWL! kemudian tancap di Arduino Uno untuk upload code.

Berikut adalah preset tampilan awal:
1. Tampilan heart
2. Scrolling text: “I LOVE YOU”
3. Scrolling text: “MERRY CHRISTMAS”
4. Scrolling text: “HAPPY BIRTHDAY”
5. Scrolling text: “Selamat Natal & Tahun Baru”

Selain bisa diubah tampilannya, juga masih bisa ditambahkan. Soalnya dengan preset yang sekarang cuma memakan memori kurang dari 2KB. Sedangkan SIWL! bisa menampung sampai kurang lebih 7.5KB setelah dikurangi bootloader Arduino.

4 buah lubang di sekitar SIWL! itu bisa digunakan untuk spacer atau baut sehingga SIWL! bisa dipasang dimana saja atau dimasukkan dalam box. Bisa juga digunakan untuk membaut lapisan luar (atau shield?) yang bisa disesuaikan bentuknya sesuai tema. Misalnya bentuk hati, bentuk pohon Natal, bentuk daun, atau lain-lain sesuai kreativitas.

Ayo… Say It with Light!

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, ATmega, Dewo, Elektronika, Prototype dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Say It with Light! (Release 1)

  1. Elvin berkata:

    Ada cantolannya gak Mas? buat gantung di tas 🙂

  2. opickaza berkata:

    mantabs sekali om buatannya ane suka tuh elektronik light apalagi kalau bisa desain dan membuat sendiri

  3. Wong Cilik berkata:

    kalau microcontroller AT89CXX masih lazim dipakai nggak ya mas …

  4. Ping balik: Valentine Day Light | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s