Aplikasi Office untuk Windows 8

Saya sudah bertahun-tahun menggunakan Sisop Ubuntu atau varian Linux yang lain, yang notabene adalah open source yang bebas digunakan tanpa perlu membayar. Ketika kita menginstalnya, maka hampir semua yang kita butuhkan telah tersedia sehingga kita bisa langsung menggunakannya untuk bekerja.

Ceritanya akan sangat berbeda ketika kita menggunakan Sisop Windows dari Microsoft yang proprietary. Kita mesti membeli sistem operasinya dengan harga yang cukup mahal. Yang perlu digarisbawahi dengan tinta merah, itu baru sistem operasinya saja, belum termasuk aplikasi lain penunjang kerja profesional kita.

Demikian juga ketika kemarin kami membeli notebook Sony Vaio E-series yang telah pre-instal Windows 8. Notebook sudah bisa dinyalakan. Namun untuk kerja profesional? Tunggu dulu! Kita perlu membeli aplikasi penunjang yang kebanyakan tidak gratis.

Aplikasi yang kami butuhkan minimal adalah Office Suite. Sayangnya notebook baru plus Windows 8 ini belum menyediakan aplikasi kantoran. Ada opsi untuk menggunakan MS Office yang setelah saya lihat harganya US$ 150 untuk pengguna home & student. Pengen sih membelikannya untuk notebook ayah mertua, tapi kok ya US$ 150 ini terasa berat banget.

Hingga akhirnya saya memutuskan memilih solusi alternatif, yaitu menggunakan LibreOffice yang open source dan bebas digunakan tanpa perlu merogoh kocek. Yang lebih penting adalah bahwa ini solusi yang legal dibandingkan jika harus memaksakan diri menggunakan MS Office bajakan.

Sore ini jadi ada alasan ke cafe, yaitu untuk menginstal LibreOffice dan Mozilla Firefox via hotspot cafe. Sambil ditemani kopi Latte dan roti, saya pun mendownload LibreOffice. Kebetulan internet cafe sangat cepat sehingga download LibreOffice seukuran 204 MB dapat dilakukan kurang dari 1 jam.

Misi instalasi hari ini berhasil. Tinggal mengajari penggunaan LibreOffice ke mertua. Atau dibelikan bukunya saja ya? Hehehe…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Opini, Sistem Operasi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s