Nyicipin Windows 8

Kemarin saya membelikan notebook baru bagi ayah mertua. Setelah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya adalah Sisop pre-instal, akhirnya kami memilih Sony Vaio E-series. Notebook dengan layar 11.6″ ini sudah dilengkapi Sisop Windows 8. Jadi tidak perlu membajak atau mempelajari Sisop Linux yang mungkin bagi ayah mertua adalah suatu hambatan tersendiri.

Saya mengira dengan adanya Sisop Windows bisa mempermudah penggunaan notebook. Namun nampaknya perkiraan saya bakal meleset karena antarmuka Windows 8 sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Paling tidak tampilan home screen dan cara interaksinya. Dan ini merupakan kesulitan tersendiri karena ada perubahan cara berinteraksi.

Saya sendiri beberapa kali mengalami kesulitan, termasuk membiasakan diri dalam menggunakan fasilitas gesture touchpad. Mungkin Windows 8 akan sangat nyaman jika digunakan dengan smartphone touchscreen. Saya sendiri pernah nyoba Nokia Lumia display pameran dan merasa Windows 8 sangat nyaman di piranti touchscreen. Hanya saja ceritanya sedikit berbeda di notebook tanpa touchscreen.

Sampai pada akhirnya saya menyimpulkan kalau Windows 8 bakal jadi hambatan tersendiri bagi ayah mertua. Bisa jadi saya perlu membelikan pula buku panduan penggunaan Windows 8. Hiks…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Gadget, Notebook, Opini, Personal, Sistem Operasi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s