7 Tahun Bersama WordPress

7 Tahun Bersama WordPress

7 Tahun Bersama WordPress

Tidak disadari, rupanya saya sudah 7 tahun bersama WP. Dan puji Tuhan, saya tetap bisa konsisten menulis blog. Walau pun dari segi kualitas tetap rata-rata. Saya memang tidak memiliki tujuan khusus kecuali cuma menuliskan opini, ide, unek-unek, pengalaman dan apa pun yang bisa ditulis di sekitar kehidupan saya. Boleh dikata, saya banyak menulis tentang diri sendiri. Bukankah memang demikian kegunaan blog?

Saya mulai menulis di media konvensional sekitar tahun 1997. Waktu itu saya menjadi dosen di sebuah universitas swasta di Semarang. Selain menulis untuk buletin kampus, saya merintis dan mengelola majalah khusus jurusan Elektro.

Saya memulai menulis di internet sekitar tahun 2003. Saat itu saya memulai bisnis sendiri di bidang software. Saya banyak menulis di situs sendiri, yaitu sisfokampus.net. Saat itu belum banyak engine CMS/blog. Kalau pun ada, pasti berbayar. Hingga akhirnya saya harus membuat script sendiri untuk situs tersebut.

Baru kemudian tahun 2005 saya menggunakan blogspot.com yang saat itu merupakan situs blog gratisan terkenal. Tujuannya adalah untuk menuliskan pengalaman saya saat merintis bisnis. Banyak pengalaman implementasi yang mengharuskan bepergian ke banyak kota/pulau di Indonesia tercinta ini. Baru kemudian tahun 2006 saya migrasi blog dari blogspot ke wordpress.com. Alasan pindah ke WP tidak lain karena fiturnya lebih baik dari pada blogspot.

Menulis selama 7 tahun bukan tanpa kendala, justru banyak sekali. Bahkan blogger-blogger seangkatan sudah banyak yang tumbang atau pensiun menulis. Beberapa kali pula saya menulis dan berjanji untuk tetap konsisten menulis. Kalau masalah ide tulisan sih tidak pernah habis, hehehe…

Selain berhasil mempertahankan konsistensi, saya juga berhasil menjadi pengaruh bagi beberapa orang untuk menulis blog juga. Hanya saja, saya tidak bisa memaksa mereka untuk tetap konsisten.

Pengunjung blog ini tidak banyak. Cuma beberapa ratus per hari. Pernah mencapai angka ribuan per hari karena tulisan pemicu diskusi publik. Seseorang bilang, saya dulu termasuk tukang sulut sumbu kompor, hehehe…

Setelah 7 tahun ini saya tetap ingin bisa konsisten menulis blog. Saya tidak berambisi menulis hebat, pengunjung banyak, atau popularitas. Saya tetap hanya ingin menulis saja. Syukur-syukur bisa bermanfaat bagi pembaca.

Salam hangat

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Celoteh, Dewo, Personal dan tag . Tandai permalink.

8 Balasan ke 7 Tahun Bersama WordPress

  1. jtxtop berkata:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  2. maseadi berkata:

    Selamat sudah lama juga sampai 7 tahun… sekarang wordpress memberikan addon tentang ultah kita sebagai pemakai wordpress… sekali lagi selamat dan terus semangat ngeblog.
    salam http://6menit.blogspot.com

  3. Wong Cilik berkata:

    salut dengan konsistensinya mas Dewo …

  4. Lidya berkata:

    terus menulis aja ya mas, semoga bermanfaat bagi orang lain

  5. Donald berkata:

    Saya suka kalimat di paragraph terakhir, “Saya tetap hanya ingin menulis saja. Syukur-syukur bisa bermanfaat bagi pembaca.”
    Hidup menulis…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s