Mendesain Antrian Poliklinik/Spesialis (1)

Setelah puas bermain dengan seven segment mungil (baca: Membuat Jam Breadboard Kurang Dari 30 Menit, Jam 7, Ngoprek 7-Segment Mungil Tanpa Datasheet, Digital Temperature with ATtiny85 & LM35, Bermain dengan Seven Segment), tibalah saatnya saya menggunakan Seven Segment untuk proyek yang berguna bagi perusahaan.

7-segment 4"

7-segment 4″

Kali ini saya mendesain tampilan antrian Poli Spesialis atau dokter. Supaya tampilan angka antrian bisa dilihat dari jarak jauh, kami menggunakan 7-segment berukuran 4 inchi. Ada sih yang lebih besar sampai 20 inchi, tapi rasanya 4 inchi sudah cukup terlihat baik dari jarak agak jauh.

Pertama kali yang harus saya lakukan adalah mendesain PCB. Jujur saja, saat saya mendesain, saya cuma mengandalkan teori dan pengalaman. Saya tidak menguji sirkuitnya terlebih dahulu di breadboard untuk kemudian didesain PCB-nya. Saya langsung mendesainnya menggunakan Fritzing dan memesan PCB di Multikarya. Benar-benar nekad ya?

PCB Antrian Poli

PCB Antrian Poli

Saya mendesain PCB-nya per digit. Ukuran PCB-nya tidak sebesar panel 7-segment, tetapi lebih kecil, sehingga terkesan PCB-nya numpang panel 7-segment, hehehe… Walau pun demikian, desainnya modular. Kita dapat menambahkan jumlah digit dengan mudah, semudah meng-cascade shift register. Bahkan catu daya digit ke-2 dst bisa nebeng catu daya digit pertama. Asyik kan?

Oh iya, desain ini menggunakan 2 tegangan yang berbeda. Seven Segment 4″ membutuhkan tegangan 9V, sedangkan shift register dan Arduino membutuhkan tegangan 5V. Alhasil saya membutuhkan transistor darlington untuk men-drive digit-digit 7-segment. Syukurlah ada IC ULN2803 yang merupakan rangkaian 8 buah darlington. Cukup untuk men-drive 7-segment. Ehm, sebenarnya 7-segment ini punya 8 segment, satunya untuk titik (dot).

Sedangkan untuk menghemat penggunaan pin Arduino, saya menggunakan shift register 74HC595. Sehingga saya menghemat penggunaan pin dari 8 menjadi cuma 3 pin saja. Di bawah ini adalah tampilan dari 1 digit antrian poliklinik/spesialis. Rupanya bisa berhasil dengan baik. Jujur saja, sebenarnya saya deg-degan, khawatir ada yang salah dengan sirkuit. Puji Tuhan semuanya berjalan dengan baik.

Digit Pertama

Digit Pertama

Tidak nampak di foto, di bawah 7-segment ada IC ULN2803, 74HC595, beberapa resistor dan kapasitor. Di atas segment tampak rangkaian regulator tegangan 5V untuk mentenagai shift register 74HC595. Sedangkan ULN2803, 7-segment dan Arduino Uno mendapatkan catu daya langsung dari adaptor 9V.

{ Bersambung ke: Mendesain Antrian Poliklinik/Spesialis (2) }

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, Catatan, Dewo, Elektronika, Foto, Gadget, Hardware, Prototype dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Mendesain Antrian Poliklinik/Spesialis (1)

  1. Ping balik: Mendesain Antrian Poliklinik/Spesialis (2) | Emanuel Setio Dewo

  2. Gavin berkata:

    wah ini bisa dibisnisin nih… kalau mau ajukan proposal aja ke setiap kelurahan di jakarta, atau ke polda bagian sim.
    kan lumayan buat tambah2

  3. ysuprasojo berkata:

    slmt sore mas, saya yohannes boleh sy minta skema dan programnya? kebetulan sy punya arduino, sy pengin buat untuk angka lagu d gereja krn skarang ini msh ditulis d papan. terimakasih. syalom.

  4. RIJALI SOLIHIN berkata:

    mt mlm gan, tolong dishare skematik dan source kodenya.
    kirim via email jg gpp agenpulsa70@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s