Komputer Pertama

Ketika menyalakan kembali Raspberry Pi tempo hari, saya lantas teringat komputer pertama yang saya miliki. Setelah beberapa waktu cuma bisa nebeng komputer teman atau ke rental komputer, akhirnya pada awal tahun 90an saya memiliki komputer sendiri.

Kalau dibandingkan dengan Raspberry Pi generasi pertama ini, rupanya komputer saya itu tidak ada apa-apanya. Prosesornya cuma Intel 80386SX 33 MHz (wiki: Intel 80386) (dulu tipe termurah) dengan layar monitor tabung VGA warna 14″. Saya lupa berapa kapasitas RAM dan harddisk-nya. Yang jelas satuannya masih menggunakan Mega Byte, belum Giga Byte, hehehe…

Walau pun begitu, saya menggunakan komputer itu dengan sangat produktif. Dari mengerjakan tugas-tugas kuliah, praktikum, nulis-nulis artikel, belajar pemrograman, memulai usaha, dll. Sebagai catatan, tahun segitu komputer belum banyak yang terhubung ke internet. Perlu nambah ethernet card atau modem dial-up yang harganya termasuk mahal. Belum ada wi-fi.

Coba bandingkan dengan Raspberry Pi generasi pertama saya yang spesifikasinya: CPU ARM 700 MHz, RAM 256 MB, SD Card 8 GB, yang kemudian bisa menggunakan TV LED 32″ dan terhubung ke internet via ethernet build in (atau bisa juga dengan Wi-Fi USB). Lalu kalau kemarin saya mengeluh tidak bisa memanfaatkannya untuk kegiatan produktivitas, nampaknya saya harus malu. Hiks…

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Dewo, Gadget, Opini, Raspberry Pi dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Komputer Pertama

  1. Lidya berkata:

    jaman aku SD komputernya 386,486 gitu deh kayanya ya mas, sering lihat bapak merakit sediri dulu

  2. jarwadi berkata:

    saya masuk sma tahun 1995, di kelas sma saya, saya belajar basic dengan basica dengan komputer XT 8088 (kalau tidak salah) dan yang AT 80286, baru 2 tahun kemudian di rumah ada komputer 486dsc, bukan yang dx 🙂

    spesifikasi komputer itu tentu saja jauh di bawah ponsel yang saya gunakan sekarang, jauh di bawah raspberry pi 🙂

  3. CB Gelatik berkata:

    Betul sekali perkembangan komputer (revolusi informasi) begitu pesatnya untuk kemudahan kita bersama. Jamannya saya dulu tahun 1980 an di kantor mengunakan mini komputer merk Wang dan dirumah pake Apple II yang OS nya masih Apple DOS dan CPM kemudian beralih ke IBM AT yang OS nya pake Microsoft DOS. Dengan perkembangan yang pesat ini sekarang pengguna diberi kemudahan2 yang melimpah untuk segala keperluan (software2 sudah tersedia dipasaran).

Tinggalkan Balasan

