Meeting IT

Tanggal 14-15/02/2013 kemarin kami mengadakan meeting modul akunting dengan mengundang para manager finance & accounting seluruh RS Awal Bros. Kami juga mengundang para koordinator IT supaya bisa mendampingi para manager dari segi teknis.

Selain 2 hari meeting ini, secara khusus kami mengadakan meeting IT di hari Sabtu tanggal 16/02/2013. Di sinilah keasyikannya, karena kami banyak membahas hal teknis yang menarik. Duluuuu sekali kami pernah secara rutin mengadakan tech talk (tek-tok), namun karena banyak kendala akhirnya acara tech talk ini mati suri bertahun-tahun lamanya. Dan kinilah acara ini dihidupkan kembali.

IT Corporate & Perwakilan IT RS AB Se-Indonesia

IT Corporate & Perwakilan IT RS AB Se-Indonesia

Acara dibuka oleh Manager IT Corporate yang membahas fundamental organisasi dan arahan teknologi ke depan. Ditambah dengan penjelasan jenjang karir IT Corporate yang akan meningkat berdasarkan penilaian kinerja.

Sesi ke-2 diisi oleh Pak John yang membahas dasar security. Hahaha… kami becanda, “kan kami orang IT, kok yang dibahas security (alias satpam)?” Tentu saja ini cuma becanda.

Dasar Security

Dasar Security

Sesi ke-3 diisi oleh Domi yang baru saja dipromosikan menjadi Senior Programmer. Domi menjelaskan modul-modul baru yang berjalan di versi 2 dengan beberapa optimasi pemrograman. Tentu saja ada konsekuensi perubahan cara berinteraksi dari sebelumnya.

Sesi ke-4 diisi oleh Pak Heri yang merupakan senior programmer dari generasi ke-2 Tim IT Corporate. Pak Heri membahas mekanisme update script yang aman. Soalnya sejak tahun 2012 awal kami sudah tidak menggunakan SVN lagi karena beberapa kendala. Jadi update dilakukan secara manual oleh tim IT RS.

Sesi ke-5 diisi oleh Heru yang mempresentasikan modul Antrian Pendaftaran dan Antrian Farmasi. Antrian ini menggunakan monitor touch screen yang sudah dipasang di RSAB Pekanbaru dan Tangerang. Display antrian bisa di-custom untuk menampilkan video berdasarkan playlist. Selain itu antrian ini sudah bisa memanggil nomer antrian dengan suara.

Para peserta sangat antusias mengikuti sharing

Para peserta sangat antusias mengikuti sharing

Sesi ke-6 diisi oleh Pak Adrianto, koordinator RS Awal Bros Bekasi. Pak Anto (nama panggilannya) mempresentasikan alternatif antrian berbasis Arduino. Kalau selama ini antrian berdasarkan PC dirasa cukup mahal dan butuh pemeliharaan intensif, tidak demikian dengan antrian berbasis Arduino. Antrian berbasis Arduino relatif lebih murah dengan kehandalan lebih tinggi sehingga tidak perlu pemeliharaan seintensif antrian berbasis PC.

Demo Antrian berbasis Arduino

Demo Antrian berbasis Arduino

Sesi terakhir kembali diisi oleh Manager IT Corporate yang menjelaskan rencana penerapan mekanisme baru sistem. Rencananya sistem akan menggabungkan mekanisme replikasi dengan pembagian beban akses database.

Acara ini sungguh mengasyikkan karena yang dibahas memang sesuai dengan minat & bakat kami. Dan rencananya acara seperti ini akan diadakan setahun sekali karena keterbatasan waktu dan dana untuk mengumpulkan semua IT RS dan Corporate.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Foto, Manajemen, Perusahaan, Tech Talk dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Meeting IT

  1. Lidya berkata:

    wanitanya cuma ada satu ya mas

  2. Ping balik: Mendesain Antrian Poliklinik/Spesialis (3) | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s