Memulai Bisnis Harus Cepat

Beberapa tahun yang lalu kami punya ide bisnis. Nampaknya sangat menjanjikan. Lagi pula belum ada pesaing yang betul-betul sama persis dengan ide bisnis kami. Namun karena banyak kendala, bisnis itu sampai sekarang belum terealisasikan.

Ketika kemudian belakangan kami mengetahui ternyata ada bisnis baru yang muncul yang ide-nya mirip dengan ide kami, rasanya kami sudah ketinggalan bertahun-tahun lamanya. Karena bisnis baru ini sudah berjalan dengan baik, mapan dan telah memiliki komunitas besar dengan skala yang luas (regional Asia).

Pelajaran hari ini adalah bahwa jika punya ide bisnis, apalagi idenya bagus dan memiliki potensi keberhasilan tinggi, maka harus segera dieksekusi sebelum keduluan pemain lain. Kita tidak bisa mengabaikan betapa banyaknya jenius bisnis di luar lingkup komunitas kita saat ini yang mungkin tidak terendus dan tiba-tiba saja mereka muncul dan sukses. Jadi harus segera dieksekusi.

Kami pun harus segera memutar ide supaya bisnis kami berbeda dengan ide semula. Mungkin bidangnya tetap, tetapi harus ada pembeda sehingga calon pelanggan lebih tertarik kepada bisnis kami. Jadi strategi kami selanjutnya adalah diferensiasi, hiks…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Catatan, Curhat, Dewo, Manajemen, Opini dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memulai Bisnis Harus Cepat

  1. zedeen berkata:

    Yak..setuju banget mas dewo, saya juga punya pengalaman seperti itu..akhirnya saya nekat buru2 memulainya, syukurlah nggak keduluan orang lain. sekarang masih punya mimpi untuk buka usaha di bidang lain, yang merupakan impian saya, tapi masih saya simpan…diferensiasi memang kata kuncinya bila ada produk sejenis..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s