File Sampah

Rupanya saya membutuhkan waktu 3 hari untuk mensetup notebook baru. Setup ini meliputi instalasi & update OS Ubuntu Linux 12.10 versi 64 bit dan segala pernak-perniknya serta menyalin data dari notebook lama ke baru. Yang paling menjemukan adalah saat menyalin data ratusan giga ke notebook baru. Menggunakan koneksi Wi-Fi ternyata sangat lambat. Tercatat kecepatannya cuma mentok di 1.1 MB/s.

Sayangnya saya tidak punya kabel ethernet tersisa di kantor. Atau kabel ethernet cross yang rupanya sudah tidak jaman lagi sekarang. Penyelamat kejemuan ini ternyata adalah harddisk external 1TB dengan koneksi USB versi 3.0. Penyalinan dari notebook lama ke Harddisk External cuma mentok di angka 19 MB/s. Namun saat menyalin dari HD External ke notebook baru yang memiliki port USB Versi 3.0 bisa ngebut di angka 60 MB/s (480 Mbit/s). Secara teoritis, kecepatan USB 3.0 bisa mencapai 5 Gbit/s (sumber: Wikipedia).

Kemudian saya baru sadar bahwa file saya ternyata banyak & besar sekali di notebook lama. Harddisk di notebook lama yang cuma 250 GB cuma tersisa beberapa persen saja. Itu pun sebagian sudah saya pindahkan ke harddisk external, terutama file foto dan video.

Saat saya teliti lebih lanjut, ternyata banyak juga file yang sebenarnya sudah tidak saya perlukan. Mungkin karena hanya sekedar catatan sementara yang sudah tidak relevan lagi sekarang, downloadan yang sudah saya baca/tonton yang sudah tidak saya perlukan lagi sekarang, catatan kesalahan, catatan todo, atau sekedar ide usang. Intinya file-file tersebut sudah tidak saya butuhkan lagi. Hanya saja, dari ribuan file ini, saya malas untuk memilahnya dan menghapusnya. Saya lebih suka menyalin semuanya langsung ke notebook baru. Mungkin lain waktu saya akan memilahnya satu per satu dan menghapusnya untuk menghemat kapasitas harddisk. Namun melihat kenyataan bahwa harddisk di notebook baru kapasitasnya 2x lipat, nampaknya saya akan menunda rencana penghapusan ini. Hehehe… maklum, saya memang pemalas.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

