Melewati UEFI MS Windows 8

Saat saya menerima notebook Acer V5 471G-53334G50Mabb, dia sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 8. Seharian saya menggunakan Windows 8 dan berkesimpulan kalau sistem operasi ini malah merepotkan saya. Pilihan antarmuka Start Screen (dulu disebut Metro?) dan Dekstop saja sudah membuat saya tidak nyaman. Belum lagi sulitnya akses ke konfigurasi aplikasi.

Oh iya, pernah pakai Skype di Windows 8? Pasti Anda akan menilainya sebagai jempol terbalik. Bukan karena lambatnya aplikasi, tetapi karena Skype menggunakan semua layar untuk 1 komunikasi. Kita akan kesulitan saat berkomunikasi dengan banyak orang. Atau ketika kita perlu beralih ke aplikasi lain.

Banyaknya keluhan di Windows 8 tersebut membuat saya tidak ragu membabat habis Windows 8 dan menggantikannya dengan Ubuntu 12.10 versi 64 bit. Masalah kemudian timbul karena saya tidak bisa masuk ke BIOS. Rupanya Acer V5 menggunakan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) Windows 8.

Syukurlah saya menemukan caranya di internet untuk memutuskan UEFI Windows 8 ini. Caranya sederhana, yaitu matikan notebook dengan cara paksa dengan menekan tombol Power beberapa detik. Setelah itu tekan lagi tombol power untuk menyalakan. Saat muncul logo Acer, tekan tombol F2 sampai bunyi Beep. Dan layar BIOS akan muncul.

Matikan fungsi UEFI Windows 8 dan pilih Legacy BIOS. Simpan kembali konfigurasi BIOS. Setelah itu kita dapat kembali menikmati BIOS.

Pada saat instalasi Ubuntu 12.10, saya sempat mendapati opsi untuk menggunakan UEFI ini. Sayangnya saya gagal memanfaatkannya untuk Ubuntu.

14 pemikiran pada “Melewati UEFI MS Windows 8

  1. […] saya membutuhkan waktu 3 hari untuk mensetup notebook baru. Setup ini meliputi instalasi & update OS Ubuntu Linux 12.10 versi 64 bit dan segala pernak-perniknya serta menyalin data dari notebook lama ke baru. Yang paling menjemukan […]

  2. saya tetap kgk bisa ni masuk bios ni gan,,
    sama, laptop saya juga dah pake uefi,,
    pertamanya saya mu instal ke win 7,tapi ndak kebaca flashdisknya,
    langsung sy ambil hardisknya, sy instal lewat lapto lain, pas setelah saya format partisinya, ndak bisa lanjut next nya ndak berfungsi, kemudian sy masuk hardisk nya kemabali ke laptop asalanya,langsung dia nda bisa masuk bios,, padaha kalopun hardisk nya ndak terisi os, tetap bisa masuk bios,, pusing sya ni gan,, minta wejangan nya yg manjur..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.