Bergeser Ke Aplikasi Bergerak (Mobile)

Sekitar tahun 2003, saya pernah ngotot mengembangkan aplikasi berbasis web. Pada masa itu pengembangan aplikasi berbasis web bukanlah pilihan yang populer. Saat itu merupakan jaman keemasan bagi aplikasi desktop. Namun toh saya tetap memilih menggunakan teknologi web untuk mengembangkan Sisfo Kampus.

Tidak dinyana, pilihan platform berbasis web ini menjadi bekal tersendiri bagi saya, karena trend pengembangan aplikasi berpihak ke dunia internet berbasis web, area yang saya telah tekuni sejak 2003.

Namun belakangan ini aplikasi berbasis web saja tidak cukup. Aplikasi perlu bergeser ke piranti bergerak (mobile), dalam hal ini adalah tablet PC dan smartphone. Berdasarkan sebuah riset penelitian, pengapalan Tablet PC telah melampaui penjualan PC konvensional. Bahkan rasio kepemilikan smartphone telah begitu tinggi sehingga tidak jarang seseorang memiliki lebih dari 1 smartphone.

Dengan demikian bisa ditebak, pengembangan aplikasi harusnya menyesuaikan ke piranti bergerak sehingga aplikasi bisa diakses lebih banyak lagi pengguna. Lagi pula akses dari piranti bergerak ini meningkatkan aksesibilitas sehingga pengguna bisa bekerja kapan saja dan dimana saja nyaris tanpa penghalang berarti.

Sekali lagi, ini merupakan pilihan yang sulit. Mengembangkan aplikasi di piranti bergerak memiliki beberapa pilihan, apakah kita mengembangkan aplikasi untuk OS Android atau iOS atau BlackBerry atau apa? Atau apakah main aman saja dengan mengembangkan aplikasi berbasis web yang dioptimasi untuk tampilan di piranti dengan display kecil?

Seperti pilihan di tahun 2003, saya lebih memilih tetap konsisten menggunakan teknologi web yang fleksibel sehingga bisa diakses dari PC hingga piranti bergerak. Sebuah pilihan yang tidak populer karena banyak aplikasi yg dikembangkan spesifik di sebuah OS piranti bergerak menuai popularitas yang luar biasa. Namun dengan standard HTML5, bisa jadi aplikasi berbasis web akan lebih kaya dibanding aplikasi yang native dikembangkan di OS tertentu.

Bagaimana pendapat Anda?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Android, Celoteh, Development, Dewo, Opini dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Bergeser Ke Aplikasi Bergerak (Mobile)

  1. coekma berkata:

    menurut saya, semua itu serba tergantung, yaitu tergantung kebutuhan dan tergantung trend yang sedang berlaku. trend yang sedang berlaku sekarang adalah Android maka kembangkanlah aplikasi Android. Nah, kalau ada yang butuh aplikasi berbasis iOS dan BB maka silakan anda kembangkan juga. Dan ternyata kalau ada yg butuh berbasis web maka buatlah juga. Intinya adalah Anda harus bisa semua, karena kebutuhan pasar memang seperti itu, hihihihi…

  2. zedeen berkata:

    saya nyesel, dulu sempat blajar access trus di versi 2003 itu ada pilihan bikin database berbasis web, berhubung jaman itu kurang populer lagipula koneksi internet termasuk barang mewah bagi saya, maka saya nggak terusin bikin database access yang dipublish ke web. akhirnya sekarang saya o’on 😀

  3. coekma berkata:

    tapi jangan kuatir, semua masih dibutuhkan, baik iOS, BB, Android dan BB. Tapi saya setuju kepada pilihan ke web krn lebih fleksibel, dia bisa dibuka dimana saja. Klo android kan ndak bisa dibuka di iOS. Bener gitu ya? Maaf, maklum nih saya bukan ahli aplikasi, cuman pengamat palsu saja, hahaha…

    • Beneeeer kok. Dengan aplikasi web lebih fleksibel. Hanya saja, dari segi kecepatan respons akan lebih lambat dibanding aplikasi native di OS-nya piranti mobile. Kecuali jika kecepatan akses sudah lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s