Acer V5 + Ubuntu = Gagal Shutdown

Sudah hampir 2 minggu saya menggunakan notebook Acer V5. Ada keanehan yang terjadi saat saya mengganti Sisop-nya dari Windows 8 ke Ubuntu 12.10, yaitu notebook akan selalu reboot ketika di-shutdown. (*notebook yg ngeyel*)

Sudah beberapa hari ini saya mencari solusinya di internet. Ternyata kejadian ini sering terjadi pada notebook generasi baru yang di-install Ubuntu 12, tidak hanya terjadi pada notebook Acer. Saya menemukan salah satu solusi yang mengharuskan menginstall laptop-mode-tools. Sejenak saya bergembira karena notebook bisa shutdown. Tapi setelah itu gagal dan selalu reboot lagi.

Ada juga solusi dengan mengoprek grub dengan masukkan parameter ACPI. Ternyata tidak bekerja pada notebook saya. Malahan indikator baterai tidak mendeteksi dengan benar, sehingga suatu saat notebook langsung mati ketika baterai habis, padahal indikator masih menunjukkan baterai dalam keadaan penuh.

Beberapa forum di internet tidak menunjukkan solusi. Sebagian menganggap ini adalah bugs dari Ubuntu. Tapi sudah beberapa lama tidak ada perkembangan perbaikan kernel Ubuntu untuk mengatasi hal ini.

Lalu saya pun menemukan cara jitu yang efektif. Tidak perlu install apa pun. Hanya diperlukan kejelian. Caranya gampang! Shutdown notebook, saat dia mati dan beberapa detik kemudian mau hidup, tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS. Setelah masuk ke BIOS, tekan saja tombol power, maka notebook akan benar-benar shutdown.

Walau pun cara ini efektif untuk mematikan notebook, tapi saya berharap ada solusi cara mematikan notebook dengan cara yang lebih elegan. Ehm, paling tidak mematikannya dengan cara NORMAL.

~~~
Catatan tambahan: Untuk mematikan bisa tanpa perlu masuk ke BIOS. Setelah berupaya shutdown, saat akan reboot, tunggu sampai layar menampilkan menu untuk masuk BIOS. Segera tekan tombol POWER, maka laptop akan shutdown.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Curhat, Dewo, Gadget, Notebook, Open Source, Ubuntu dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Acer V5 + Ubuntu = Gagal Shutdown

  1. Serumit itukah caranya ?

  2. Sobry berkata:

    Tapi saya sebelum memakai laptop mode tools biasa saja sih, gak sering hidup lagi setelah shutdown… Entah kenapa, semenjak memakai laptop mode tools sering seperti itu dan cara untuk mematikan pun seperti yg anda jelaskan, yaitu masuk bios trus tekn power… SAya memakai ubuntu 14.04 LTS

  3. adi berkata:

    ada update lagi ndak om? saya masih mentok nie… udh hampir ngikuti semua tutor masih gagal juga… 😀
    keluhan hampir semua penguna acer juga ini…

  4. Rayyan berkata:

    wah, masalahnya sama persis dengan punya ane dan seri laptopnya juga 🙂 semoga cepat mendapatkan update….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s