Browsing Dari Tablet PC dan Smartphone

Semenjak memiliki Tablet & kemudian smartphone Android, saya lebih suka browsing dari Tablet/Smartphone. Mungkin tampilannya tidak sebagus dan selincah jika browsing dari notebook/PC. Namun saya menyukainya karena 1 hal, yaitu bisa membaca beberapa situs berita dalam versi mobile.

Beberapa situs berita seperti Kompas dan Detik memang menyediakan 2 versi situsnya, yaitu versi desktop dan versi mobile. Versi desktop biasa kita lihat saat kita membacanya dari PC atau notebook.

Versi desktop akan dipenuhi iklan, baik statik mau pun bergerak (animasi). Layout dari berita juga terlalu kompleks, seolah ingin menampilkan semua berita ke dalam 1 halaman. Diperparah dengan penampilan foto-foto penunjang berita yang dipaksakan ditampilkan padahal belum tentu kita tertarik untuk membaca beritanya.

Kompleksitas versi desktop ini selain membutuhkan daya pemrosesan & RAM yang besar, juga sangat memboroskan kuota akses kita. Karena kita dipaksa untuk mendownload iklan-iklan tersebut yang jumlahnya cukup banyak. Beralih ke berita yang lain sama saja kita mendownload ulang iklan yang berbeda.

Berbeda keadaannya jika kita mengakses versi mobile. Tampilannya lebih sederhana, minim gambar dan biasanya hanya menampilkan 1 gambar iklan. Daftar berita ditampilkan secukupnya. Jika kita ingin melihat daftar berita yang lain, kita cukup scroll ke bawah dan secara otomatis akan ditambahkan daftar berita berikutnya. Untuk membaca detil berita cukup mengklik pada judul beritanya dan kita dibawa ke isi dari berita.

Lebih lanjut, kesederhanaan versi mobile ini membuatnya hemat kuota akses internet. Sayangnya versi mobile ini tidak bisa diakses dari notebook/PC. Saya beberapa kali mencoba mengakses alamat versi mobile via notebook tapi selalu di-redirect ke versi desktop. Artinya saya tidak bisa menghemat dengan notebook.

Oleh karenanya saya lebih suka membaca berita dari tablet/smartphone.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Curhat, Dewo, Opini dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Browsing Dari Tablet PC dan Smartphone

  1. Lidya berkata:

    saya malah udah males mas browsng-browsing dari Tab atau dari smarphone. BW aja lebih enak dari laptop 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s