Lubuntu, Turunan Ubuntu yang Ringan

Menggunakan Sisop yang selalu up-to-date adalah pilihan yang baik, mengingat Sisop versi terbaru biasanya memiliki fitur unggulan yang sangat berguna bagi penggunanya. Namun seringkali sisop baru membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi. Jika kita ngotot menggunakan hardware lawas, kadang kala jadinya malah sangat mengganggu, terutama dari segi kelambatan sistem.

Seperti yang kami alami di perusahaan. Kami menggunakan sisop Ubuntu yang gratis (dan digaransi selalu gratis). Update & upgrade juga gratis. Sayangnya kebanyakan hardware yang dibeli sebelum tahun 2010 mulai terasa usang jika menggunakan Ubuntu terbaru, misalnya versi 12.10. Sistem jadi terasa lambat dan menjadikannya tidak nyaman. Salah satu solusi adalah meng-upgrade RAM menjadi minimal 2 GB. Namun ini menjadi masalah tersendiri karena RAM versi lawas sudah sulit ditemukan. Kalau pun ada harganya jadi mahal.

Namun usah khawatir karena ada solusi keren, yaitu menggunakan versi ringan dari Ubuntu, yaitu Lubuntu. Lubuntu adalah sisop turunan Ubuntu yang cepat dan ringan yang dikembangkan oleh komunitas Free & Open Source. Kunci kecepatan & keringanannya adalah penggunaan LXDE sebagai desktop environment-nya dan pemilihan aplikasi-aplikasi yang ringan.

Saya sudah mencoba versi 12.10 64bit dan berjalan baik di notebook Core2 Duo dengan RAM 2 GB. Sudah dicoba pula di PC Core2 Duo dengan RAM 1 GB. Lubuntu dapat bekerja dengan cepat. Bahkan boot-up cuma butuh waktu beberapa detik. Jauh lebih gegas dari pada versi Ubuntu induknya.

Tentu saja dengan spesifikasi tersebut dapat berjalan cepat, karena ternyata tujuan pembuatan Lubuntu adalah untuk hardware dengan spesifikasi rendah, serendah Pentium 4 dengan RAM cuma 512 MB. Eh jangan dikira PC dengan spesifikasi Pentium 4 dengan RAM 512 MB sudah punah ya? Karena ternyata perusahaan kami masih memilikinya, hehehe…

Asyiknya adalah karena kami tidak perlu belajar banyak karena secara teknis mirip Ubuntu. Cara install, update & upgrade sama dengan Ubuntu. Walau pun Lubuntu sudah dibekali aplikasi ringan tapi minim, kita dapat menginstall aplikasi lain dengan cara Ubuntu. Bahkan bisa diinstall LAMP stack sehingga dia bisa dijadikan server. Dan saat ini Lubuntu versi beta 13.04 sudah tersedia. Silakan berkunjung ke Lubuntu.net untuk informasi lebih lanjut.

Indahnya dunia Free/Open Source.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Open Source, Opini, Sistem Operasi, Ubuntu dan tag , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Lubuntu, Turunan Ubuntu yang Ringan

  1. Lidya berkata:

    turunan keberapa nih mas kalau lubuntu 🙂

  2. Ping balik: Microsoft Menghentikan Support untuk Windows XP pada 2014 | Emanuel Setio Dewo

  3. Andika berkata:

    Aku juga udah mnggunakannya… Stlah diliat” ini OS trbaik utk netbook & komputer lawas dan ccok skli utk user yg suka gaya minimalis… I Love it 🙂

  4. uprus berkata:

    saja juga menggunakan lubuntu untuk p4. malah saya prefer yang lubuntu 10.04. sangat cepat dan ringan 😀

  5. satryo berkata:

    ini saya pake lubuntu 13.10, padahal laptop saya core i5 vga 1 gb, ram 4gb. :p
    apa lubuntu untuk kegunaan server bisa diandalkan? saya rencana buat nge host web.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s