UDOO

Menarik sekali membaca berita di What to do with the UDOO? dari Makezine. Saya pun berkunjung ke situs kickstarter yang bertujuan mengumpulkan dana bagi proyek-proyek inovatif.

UDOO adalah sebuah mini-PC berbasis prosesor ARM yang dapat menjalankan Sisop Android atau pun Linux. Istimewanya adalah karena UDOO telah memiliki board kompatibel Arduino yang menyatu.

{Video dipinjam dari Youtube}

Bayangkan sebuah Raspberry Pi yang digabung dengan Arduino Due. Menjadikan UDOO piranti pembelajaran yang sangat hebat. Jangan lupa, UDOO memiliki spesifikasi 4× lebih powerful dari pada Raspberry Pi. Dan Arduino Due merupakan versi Arduino terbaru yang pertama menggunakan prosesor ARM yang menjanjikan kemungkinan lebih besar dari pada Arduino versi sebelumnya yang menggunakan ATMega.

{Gambar dipinjam dari Kickstarter UDOO}

Tujuan dari UDOO adalah:

  1. Mengembangkan produk inovatif di pasar yg sedang berkembang
  2. Memberikan visi baru dalam kerangka pembelajaran: idenya adalah untuk melatih generasi baru insinyur, perancang dan pengembang software yang terlatih di teknologi digital: physical computing, seni multimedia, seni interaktif, dll
  3. Mendorong dunia DIY (do it yourself, kerjakan/buat sendiri)
  4. Menawarkan platform embedded yang berbiaya rendah untuk seni interaktif dengan piranti yang powerful: Processing, OpenCV, PureData, openFramework
  5. Menyediakan piranti yang hebat untuk perancangan yang cepat bagi perusahaan2

Detail spesifikasi dari UDOO bisa dilihat di: “UDOO: Android Linux Arduino in a tiny single-board computer” (Kickstarter). Waktu pengumpulan dana per hari ini masih tersisa 55 hari. Namun UDOO telah mengumpulkan dana melebihi dari yang dibutuhkannya untuk memulai produksi. Hebat!

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Android, Arduino, Dewo, Elektronika, Gadget, Open Source, Personal, Raspberry Pi, Teknologi dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke UDOO

  1. Hpazk berkata:

    Maaf gan numpang tanya, apa udoo sudah dipasarkan di indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s