Transformasi Blog

Kalau dikilas balik, rupanya blog-ku ini telah mengalami beberapa transformasi. Pada awalnya, blog ini cuma berisi catatan pribadi, terutama perjalanan hidup dan pekerjaanku. Tidak dinyana, pada suatu masa blog ini bertransformasi menjadi blog otomotif dan review gadget. Lumayan meleduk karena pada beberapa tulisan bisa mengundang perdebatan berkepanjangan yang akhirnya harus aku stop, yaitu dengan menutup fasilitas komentar hingga menyembunyikan postingan.

Setelah itu bertransformasi menjadi komikus dan penulis fiksi. Lumayan loh, bisa bikin 1 e-komik (komik elektronik). Sayangnya tulisan fiksi tidak berkembang karena kurang imajinasi, hehehe… Kemudian belakangan bertransformasi ke musik dan lalu ke elektronika & microcontroller.

Mengapa aku sebut “transformasi”? Karena niatnya memang blog ini fokus di salah satu bidang, misalnya belakangan di bidang elektronika & microcontroller. Tapi ternyata untuk fokus itu sulit sekali. Satu bidang belum tuntas sudah ganti ke bidang lain. Pada akhirnya blog ini kembali lagi ke tulisan gado-gado. Hemmm… benar-benar gak fokus. Jangan heran kalau tag line blog ini mengalami beberapa kali perubahan.

Terus terang aku sendiri menyadari ada beberapa transformasi gaya penulisan, dari yang santai & kocak & bergambar, gaya keseharian, serius, hingga yang ke teknikal. Gak jelas juga dimana posisi blog ini di peta maya. Dan karena fokusnya berubah-ubah (baca: tidak fokus), segmen pembaca jadi lebar. Tidak heran jika blog ini cuma punya pengunjung tetap yang sedikit, mereka adalah saudara dan sahabat. Sedangkan pembaca tetap yang kategori “penggemar” nyaris tidak ada. Hehehe… (*ada lowongan penggemar di sini, hehehe*)

Mungkin karena memang akunya sendiri yang jarang bisa fokus di suatu bidang. Seringkali aku tertarik ke bidang lain dan mencoba terjun ke sana, sekedar memuaskan dahaga belajar. Ada baiknya karena jadi pernah mencoba beberapa hal. Buruknya adalah karena tidak bisa ahli di suatu bidang.

Terus terang aku salut dengan banyak blogger yang bisa fokus topiknya. Tentu mereka menulis dengan passion. Sesuai dengan minat dan bakat. Senangnya…

Sementara aku yang sudah karatan ini masih terus menggali, dimana bidangku sesungguhnya…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Blog, Curhat, Dewo dan tag , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Transformasi Blog

  1. Imelda berkata:

    heheheh aku sih nulis macam-macam. Kan hidup itu seperti pelangi, bukan satu warna saja 🙂

  2. Lidya berkata:

    blogku gado-gado mas, tapi sejak banyak kontes jadi ikut2an kontes 🙂

  3. iwan tidung berkata:

    Lebih laku gado – gadonya ya Mas.

  4. jarwadi berkata:

    hehe, saya senang dengan blog pak dewo yang sekarang. bacaan tentang elektronika dan mikrokontroler kan masih relatif kurang. jadi ini hasanah baru

  5. chocoVanilla berkata:

    Enakan gado-gado ahh, Kadang pedes, hambar, ato malah keasinan. Itulah hidup 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s