Android TV Dongle

Sekarang eranya serba smart. Kebanyakan gadget sudah diembel-embeli kata smart. Dari smartphone, smart TV, bahkan AC pun harus smart. Sayangnya gadget smart ini termasuk mahal. Seperti saya yang mengangankan smart TV namun budget terbatas sehingga saya hanya membeli TV LED biasa dengan harga relatif murah.

Namun tidak perlu patah arang karena ada cara smart yang instant. Kita bisa membuat TV LED biasa menjadi TV Smart dengan menambahkan Android TV Dongle.

Paket Android TV Dongle
Paket Android TV Dongle

Saya membeli sebuah Android TV Dongle dengan seri DG08. Dongle ini memiliki spesifikasi lumayan dengan mengusung prosesor Dual Core 1.6 GHz, RAM 1 GB dan internal storage 4 GB. Spesifikasi ini setara dengan mesin Tablet PC kelas menengah.

3 buah dongle TV
3 buah dongle TV

Melengkapi ke-smart-annya, dongle ini dibekali koneksi wifi 802.11b/g/n, slot kartu memori TF (micro SD Card) yang bisa diisi dengan kartu memori sampai 32 GB, sebuah port USB 2.0 dan sebuah port micro USB untuk power dan tambahan slot USB. Sedangkan untuk koneksi ke TV LED menggunakan port HDMI 1.4 yang juga menghantarkan kanal audio ke TV. Pintar kan?

Isi dari box TV Dongle
Isi dari box TV Dongle

Dalam box TV dongle berisi kabel extensi HDMI, kabel USB utk power plus tambahan port USB, charger, dan buku petunjuk dalam bahasa China & Inggris.

Ukurannya kecil
Ukurannya kecil

TV dongle ini telah dibekali sistem operasi Android 4.1.1 (Jelly Bean) dengan antarmuka awal akses ke media seperti layaknya media player atau HTPC (home theatre PC).

Slot USB 2.0 dan kartu TF (micro SD)
Slot USB 2.0 dan kartu TF (micro SD)

Walau pun ukurannya kecil, namun Android TV Dongle ini bisa membuat TV LED kita menjadi smart! Saya telah mencobanya dengan koneksi wifi dari tethering hape Andromax-i bisa berselancar dengan baik. Bahkan lancar untuk menonton video dari Youtube. Usah khawatir, TV Dongle ini bisa memainkan file film dan musik dari micro SD Card.

Port micro USB utk power. Gunakan kabel bawaannya untuk mendapatkan tambahan port USB
Port micro USB utk power. Gunakan kabel bawaannya untuk mendapatkan tambahan port USB
LED indikator
LED indikator
Gunakan kabel ekstensi HDMI jika posisi slot HDMI di TV tidak mendukung
Gunakan kabel ekstensi HDMI jika posisi slot HDMI di TV tidak mendukung
TV LED biasa jadi Smart TV
TV LED biasa jadi Smart TV

Dengan tambahan Android TV Dongle ini, saya bisa berselancar di dunia maya (browsing), membaca buku elektronik (ebook), menonton film dan mendengarkan radio, main game dan banyak lagi. Asyik kan?

Iklan

17 pemikiran pada “Android TV Dongle

  1. Mas q kan konek hpnya pke wifi…trus dongle itu memancarkan wifi trus konek ke hh ya kan…..gimana tu mas….g bisa browsing dong hh ane…mohon pnjelasanya ya mas…masih bingung ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.