Memanfaatkan Tethering Android Untuk Berbagi Media

Saat ini daku memiliki beberapa piranti, yaitu BlackBerry, Smartphone Android, Tablet PC, Notebook, dan Dongle TV Android. Masing-masing punya fungsinya sendiri-sendiri walau pun secara fungsional mereka memiliki fitur yang sama. Maksudnya, semuanya bisa menampilkan foto/video, berkomunikasi, dll. Hanya saja, kadang-kadang kita perlu melihat foto atau memainkan film yang tersimpan di satu piranti di piranti lain, atau yang didownload dari notebook/tablet PC.

Saat ini daku banyak mengambil foto/video dari BlackBerry Z10 dan tentu lebih nyaman menikmatinya dari TV LED 32″ dengan bantuan Dongle TV Android. Asyik kan? Apalagi jika kita menikmatinya bersama teman atau keluarga.

Sungguh tidak praktis jika daku harus mengirim foto-foto tersebut ke Dongle TV Android. Kebetulan Dongle TV Android-ku tidak memiliki koneksi Bluetooth. Lagi pula menyalin file media yang begitu besar ke piranti lain malah memboroskan kapasitas penyimpanan. Mengirim via email atau menyimpan foto-foto tersebut di cloud? Malah jadi tambah boros bandwidth.

Untunglah daku bisa memanfaatkan fitur tethering hotspot di Android yang bisa mengkoneksikan sampai 5 piranti dalam jaringan lokal selain fungsi utama tethering sebagai pembagi koneksi internet. Daku memanfaatkan Smartphone dari Smartfren, yaitu Smartfren Andromax-i sebagai hotspot dan mengkoneksikan piranti yang lain ke hotspot ini. Untuk sharing cukup mudah karena notebook sudah terinstall Samba. Sedangkan antara piranti Android bisa memanfaatkan aplikasi File Expert yang memiliki fitur berbagi content via FTP, Wifi, DNLA, dll. Saya lebih senang menggunakan fitur FTP yang memampukan piranti Android sebagai FTP Server. Kalau mau keren bisa memanfaatkan fitur DNLA untuk memainkan video di piranti lain. Kebetulan BlackBerry Z10 telah mendukung fitur ini.

Dengan memanfaatkan fitur tethering & hotspot dari Android ini berarti daku bisa menghemat dari pembelian piranti WiFi Hotspot yang walau pun sekarang sudah cukup murah namun membuat perbendaharaan pirantiku semakin banyak. Males kan kalau kemana-mana harus menenteng banyak piranti? Lagi pula daku sedang berhemat, hehehe…

Dengan cari ini daku bisa mengintip isi masing-masing piranti dari piranti lain via berbagi content jaringan ini. Ke depannya daku ingin membangkitkan Raspberry Pi yang lama teronggok tak berdaya. Daku ingin memanfaatkan Raspberry Pi sebagai SAN/NAS (storage area network/network attached storage) yang akan menyimpan semua file media (foto, video, dll) dan siap dimainkan dari semua pirantiku yang terhubung ke hotspot. Kebetulan daku telah menyediakan sebuah harddisk external 1 TB. Untuk Raspberry Pi telah pula daku siapkan Dongle Wifi USB. Sedangkan Raspberry Pi-nya sendiri akan dikonfigurasi headless alias tanpa monitor, keyboard dan mouse. Begitu nyala langsung berfungsi sebagai SAN.

Rasanya sudah gatal ingin segera mewujudkannya. Tapi ah, liburan dulu…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Android, Blackberry, Catatan, Dewo, Gadget, Internet, Personal, Raspberry Pi, Teknologi dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memanfaatkan Tethering Android Untuk Berbagi Media

  1. Lidya berkata:

    aku sudah lama pakai ini mas, biasanya pascal kalau mau download game di tab dia menyalakan teethering dari hp android saya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s