Alat Musik Instant

Berapa lama Anda belajar & berlatih sebuah alat musik? Mungkin untuk sekedar bisa saja tidak perlu waktu lama. Namun untuk menjadikan Anda cakap bermain alat musik butuh waktu bulanan hingga tahunan. Karena bermain musik tidak sekedar bisa membunyikan nada tapi perlu banyak hal yang harus dipelajari seperti tone, tempo, harmonisasi, chord, teknikal alat musik tsb, feeling, dan lain-lain.

Singkat kata, untuk mempelajari suatu alat musik butuh ketekunan dan waktu yang lama. Itu baru 1 alat musik loh. Bisa jadi Anda ingin bisa belajar alat musik lain.

Syukurlah sekarang jamannya serba instant, dengan bantuan teknologi, kita tidak perlu waktu selama itu. Ini penting jika Anda ingin segera bisa membuat lagu tanpa perlu harus cakap memainkan alat musik. Apalagi jika lagunya perlu berbagai suara alat musik sehingga lagu menjadi utuh dan lebih asyik didengar.

ipod3

Salah satu yang menurut saya keren adalah piranti dari Apple plus GarageBand. Bukan mengada-ada loh. Bukan pula untuk mempromosikan piranti dari Apple ini. Saya sudah lama mencari software alat musik di Android namun semuanya tidak ada yang memuaskan. Hanya paduan iOS+GarageBand yang bisa memuaskan saya sehingga saya pun harus membeli iPod 5th Generation, sebuah iDevice termurah dari Apple yang bisa menjalankan GarageBand.

Dengan paduan ini, saya jadi merasa bisa memainkan beberapa alat musik, seperti gitar, piano, biola (strings), bahkan drum. Suatu hal yang mengasyikkan. Boleh dikata saya gagal belajar gitar. Tidak pernah bisa dikatakan “bisa” memainkan gitar dengan baik dan benar. Belum lagi jari-jari jadi sakit saat memainkannya.

Namun dengan paduan iOS dan GarageBand, saya bahkan bisa memainkan biola, piano dan drum, selain tentu saja gitar. Selain bisa memainkannya secara instant, kita bisa merekamnya, menambahkan satu per satu alat musik sehingga bisa menjadi sebuah lagu yang utuh.

Jika saya puas dengan GarageBand, itu karena respons dari iDevice terhadap sentuhan, ketukan atau gesekan jari kita di layar sangat cepat, nyaris bisa dianggap real time. Belum pernah saya menemukan piranti berbasis Android yang bisa setara kecepatan response-nya. Kecepatan response ini membuat iDevice serasa alat musik sungguhan.

Tidak berlebihan jika saya mengusulkan agar piranti dari Apple ini bisa disebut sebagai alat musik instant.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Alat Musik Instant

  1. elvinnio berkata:

    bikin lagu sambil makan mie instant dan minum kopi instant 🙂

  2. Wong Cilik berkata:

    sayangnya cuma bisa di iOS ya mas …

  3. Lidya berkata:

    kalo Mas Dewo sih jangan ditanya lagi nih jagonya main musik ya

  4. jarwadi berkata:

    sekitar tahun 1998, saya minta diajari main gitar oleh teman saya, tetapi saya ya gagal, hehe.
    kemudian setelah itu saya hanya suka bermain-main software saja untuk menghasilkan bunyi2an. misalnya dulu bermain adobe audition

Tinggalkan Balasan

