Dead Pixel

Senangnya saat kemarin memboyong pulang Notebook Samsung ATIV Book 9 Lite. Namun kegembiraan saya mendadak sirna saat mendapati sebuah pixel yang bermasalah. Saat membuka browser blank tampak sebuah titik yang putihnya berbeda dengan latar belakang browser yang putih. Saya pun meneliti titik putih aneh ini. Saat menampilkan gambar berwarna memang pixel bermasalah ini tidak nampak, namun saat menampilkan warna putih barulah terasa aneh.

Dahulu pixel yang bermasalah ini disebut sebagai dead pixel alias pixel yang mati. Sekarang sering disebut sebagai defective pixel. Artinya ada sebuah pixel atau lebih di layar monitor kita yang tidak berfungsi dengan baik. Bisa saja pixel tersebut mati sama sekali, atau menyala tapi tidak sesuai dengan seharusnya. Misalnya seharusnya menyala merah tetapi dia menampilkan warna putih.

Syukurlah kemarin saat membeli masih belum terlalu malam jadi saya bisa segera balik ke toko untuk mengklaim dead pixel ini. Dan notebook pun diganti baru. Horeee…

Oh iya, ada utility online untuk mengecek apakah ada dead/defective pixel di monitor kita, silakan kunjungi situs ini: Display Test.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Gadget dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Dead Pixel

  1. Imelda berkata:

    wah untung bisa ketahuan dan bisa diganti baru ya. Cukup mengganggu kan jika kita memang tahu ada dead pixel begini. Kalau tidak sadar ya apa boleh buat hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s