Membiasakan Diri Menggunakan Windows 8

Semenjak membeli Samsung ATIV Book 9 Lite, saya pun harus membiasakan diri menggunakan Windows 8. Bukan hal yang mudah karena selama bertahun-tahun saya menggunakan Ubuntu (atau turunannya). Walau pun beberapa notebook saya sebelumnya sudah dibekali Sisop Windows Original, namun saya tetap menggunakan Ubuntu.

Laptop cowok boleh kok pake aksesoris :)

Laptop cowok boleh kok pake aksesoris 🙂

Bagi saya Ubuntu itu sederhana dan aman. Sederhana karena semua yang saya butuhkan sudah tersedia saat instalasi dilakukan. Untuk menginstall aplikasi tambahan bisa dilakukan dengan mudah. Asal terhubung ke internet. Yang mengasyikkan adalah karena semuanya gratis. Dan lagi Ubuntu termasuk sisop yang aman. Bertahun-tahun saya menggunakannya tidak pernah ada masalah dengan virus, malware atau serangan dari luar.

Lain halnya jika menggunakan Windows, saya harus beli MS Office yang harganya mahal. Untunglah ada LibreOffice yang open source (gratis). Banyak aplikasi tambahan yang harus saya install, mulai dari utility untuk compress/decompress, PDF reader, Antivirus, browser lain (Mozilla & Chrome), puTTY, Bittorrent, XAMPP, dan banyak lagi. Yang lebih mengkhawatirkan adalah jika kita menginstall aplikasi yang di dalamnya ada malware. Atau jika ternyata aplikasi tersebut adalah palsu.

Jadi bagi saya, OS Windows sungguh merepotkan. Apalagi antarmukanya yang tidak begitu user friendly. Saya kesulitan untuk kontrol sepenuhnya. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan antar muka versi desktop.

Alasan saya mempertahankan Windows 8 di laptop saya adalah karena harddisknya terbatas (hanya 128GB SSD, user space cuma 100GB) dan layarnya touchscreen. Alasan terakhir paling dominan. Sampai saat ini Ubuntu belum sempurna dalam urusan touch screen. Sedangkan Ubuntu Touch yang konon memiliki dukungan penuh ke layar sentuh hanya untuk phone/tablet (arsitektur ARM). Jadi sayalah yang harus menyesuaikan diri untuk menggunakan Windows 8.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Curhat, Dewo, Gadget, Personal, Sistem Operasi dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Membiasakan Diri Menggunakan Windows 8

  1. Lidya berkata:

    sejak pakai notebook baru aku juga pakai win 8 mas, sekalian supaya bisa dipakai sama Pascal

  2. Iksa berkata:

    Sebagai pengguna biasa malah saya belum pernah pakai selain windows ….. Juga belum pakai windows 8 …

  3. lazione budy berkata:

    Setia Windows!
    Pernah ke warnet pakai ubuntu, saudara ada yang pakai Ubuntu juga.
    Ga familiar jadinya repot.

    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s